Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Perilaku Manusia yang Peduli Lingkungan

Perilaku manusia sangat menentukan lestari atau tidaknya sumber daya alam. Cara pelestarian sumber daya alam yang mungkin dapat dilakukan manusia, sebagai berikut.

1. Pengadaan reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan yang telah gundul. Kegiatan ini dapat mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

2. Pembuatan sengkedan atau terasering pada daerah yang miring. Tanpa sengkedan, air lebih mudah mengalir sambil menghanyutkan lapisan- lapisan tanah yang subur. Umumnya, kamu bisa melihat sengkedan tersebut di daerah perbukitan atau pegunungan. Jika daerah tersebut dibuat sengkedan, maka aliran air menjadi terhambat. Akibatnya, banjir, erosi, dan tanah longsor kemungkinan besar dapat dicegah.

3. Pengolahan dan pemupukan tanah. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah.

4. Penebangan pohon secara berencana. Maksudnya, pohon yang ditebang harus benar-benar sudah tua dan setiap penebangan langsung diikuti dengan penanaman pohon pengganti.

5. Pembuatan hutan lindung. Hal ini bertujuan agar jenis tumbuhan dan hewan tertentu yang tinggal di dalamnya tidak diambil secara sembarangan. Perlindungan tersebut diperkuat dengan adanya Undang-Undang Perlindungan Hewan dan Tumbuhan Langka yang dikeluarkan pemerintah.

6. Pembentukan kawasan cagar alam dan suaka margasatwa. Cagar alam adalah usaha untuk melestarikan jenis tumbuhan dan hewan langka agar tidak punah. Sementara itu, suaka margasatwa adalah usaha untuk melindungi jenis hewan langka tertentu agar tidak punah.

7. Pembatasan penambangan mineral bumi dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah. Berdasarkan contoh cara-cara yang telah disebutkan di atas, maka kerusakan yang terjadi pada sumber daya alam dapat dicegah sedini mungkin. Apakah kamu memiliki cara-cara yang lain? Coba sebutkan cara-cara yang kamu miliki!

Kelestarian sumber daya alam sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kelestariannya secara bersama-sama.

Lingkungan yang Masih Baik dan Lingkungan yang Sudah Rusak Buat kliping dengan bahan gambar-gambar atau foto-foto yang menunjukkan kondisi lingkungan yang masih baik dan kondisi lingkungan yang sudah rusak akibat gempa bumi, gunung meletus, erosi, tanah longsor, atau banjir. Carilah gambar-gambar atau foto foto tersebut di koran-koran atau majalah-majalah! Jika sudah menemukan gambarnya, potong gambar-gambar tersebut lalu kelompokkan dan tempelkan di buku tugasmu! Jangan lupa sertakan sumbernya! Buat serapi dan sebagus mungkin. Laporkan hasilnya kepada gurumu agar dinilai atau didiskusikan bersama!

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Perilaku Manusia yang Peduli Lingkungan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel