Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Bencana Alam Dapat Merusak Kelestarian Sumber Daya Alam

Bencana alam yang sering terjadi semata-mata atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Kita tidak dapat memperkirakan kapan terjadinya. Contoh bencana itu, antara lain, gempa bumi, gunung berapi meletus, dan banjir.

Meskipun bencana tersebut disebabkan oleh alam, manusia juga mempunyai peranan akan timbulnya peristiwa itu. Misalnya, kebiasaan menebang hutan secara besar-besaran dapat membuat hutan menjadi gundul. Apabila hutan telah gundul, maka bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan kekeringan. Bencana alam yang telah terjadi dapat merusak sumber daya alam yang berada di sekitarnya.

Berdasarkan hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kerusakan sumber daya alam dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia.

1. Kerusakan Sumber Daya Alam karena Faktor Alam

Kerusakan sumber daya alam dapat terjadi karena faktor alam. Faktor alam tersebut, antara lain, berupa gempa bumi, gunung berapi meletus, dan banjir.

a. Gempa Bumi

Gempa bumi sering terjadi di negara kita. Apabila suatu daerah mengalami gempa bumi, maka kerusakan terjadi di mana-mana. Rumah dan gedung banyak yang roboh, pohon-pohon bertumbangan, sebagian tanah ada yang retak, sebagian tanah longsor bahkan kadang-kadang jatuh korban jiwa manusia. Tentu saja dampak yang ditimbulkan gempa bumi sungguh sangat merugikan, termasuk bagi kelestarian sumber daya alam.

b. Gunung Berapi Meletus

Gunung berapi meletus karena adanya dorongan dari dalam perut bumi yang sangat kuat. Peristiwa alam ini dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Contohnya, tumbuhan banyak yang mati, hewanhewan menjadi korban, bangunan banyak yang roboh dan rusak, terjadi hujan abu dan semburan awan panas bahkan kadang-kadang jatuh korban jiwa manusia. Apakah di daerahmu terdapat gunung berapi? Jika ada, pernah meletuskah gunung berapi tersebut?

c. Banjir

Banjir sering terjadi di saat musim hujan. Banjir banyak menimbulkan kerugian. Contohnya, rumah banyak yang rusak, tanaman pertanian tergenang air, hewan-hewan hanyut, jembatan roboh karena diterjang banjir, kadang-kadang jatuh korban jiwa manusia. Mengapa banjir dapat terjadi? Coba diskusikan dengan teman-teman dan gurumu!

2. Kerusakan Sumber Daya Alam karena Perbuatan Manusia

Manusia kadang-kadang ada yang tidak memedulikan alam. Mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat merugikan kelestarian sumber daya alam. Akibatnya, timbul bencana alam yang tidak kita inginkan. Jika terjadi bencana alam, maka hanya kerugianlah yang kita dapatkan karena sumber daya alam banyak yang rusak.

Beberapa kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam, antara lain, sebagai berikut:

a. Penebangan hutan yang tidak terkendali menyebabkan hutan menjadi gundul. Banjir dan tanah longsor mudah melanda daerah atau hutan yang gundul. Selain itu, hewan-hewan yang semula hidup di dalam hutan tersebut akan kehilangan tempat tinggalnya.

b. Membuang sampah di sungai menyebabkan aliran air sungai terhambat. Akibatnya, jika turun hujan lebat akan mudah terjadi banjir.

c. Perburuan hewan yang tidak terkendali dapat membuat jenis hewan-hewan tertentu menjadi langka. Apabila hal ini terus terjadi, maka secara berangsur-angsur jenis hewan-hewan tersebut akan punah.

d. Perladangan berpindah dapat menyebabkan tanah menjadi hilang kesuburannya.

e. Menangkap ikan dengan bahan peledak. Kegiatan ini dapat menyebabkan pencemaran air serta mematikan semua ikan dan makhluk hidup lain yang tinggal di dalam perairan tersebut.

f. Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat merusak kesuburan tanah.

g. Pembasmian hama dengan pestisida dapat meracuni makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Dapatkah kamu menunjukkan beberapa contoh kegiatan manusia yang lain yang dapat merugikan kelestarian sumber daya alam?

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Bencana Alam Dapat Merusak Kelestarian Sumber Daya Alam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel