Materi B.Indonesia Kelas 3 DS/MI Pelajaran 3 Mengomentari Tokoh-tokoh Cerita

A. Mengomentari Tokoh-tokoh Cerita

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi berikut ini, kamu diharapkan mampu mendengarkan dan mengomentari tokoh-tokoh cerita yang disampaikan secara lisan

Ikan Mas Ade

Ade duduk terpaku di depan akuarium dengan wajah sedih. Matanya memandang akuarium yang sudah kosong. Di atas akuarium, dalam tatakan cangkir, ada seekor ikan mas koki. Ikan mas itu sudah mati.

Di sudut mata Ade terlihat setitik air yang hampir jatuh, tetapi tampak ditahan. Berkali-kali dia menghapus sudut matanya dengan lengan baju seragam yang belum diganti. Ayah yang melihat peristiwa itu menghampiri. Ayah ikut menatap akuarium kosong itu. “Nanti kita beli ikan lagi,” kata Ayah menghibur sambil merangkul bahu Ade.

Ade menggeliat, lalu melepaskan tangan Ayah dari bahunya. Matanya tetap tidak berpindah dari akuarium yang telah kosong itu. Ayah mengambil tatakan cangkir berisi ikan mas koki yang sudah mati. Telunjuk ayah menyentuh ikan itu yang tampaknya sudah mulai kempis.

Tadi pagi, saat diberi makan oleh Ade, ikan itu tampak segar, bulat, lincah berenang sambil menggoyang-goyangkan ekornya yang berjumbai lebar dan halus. Ade sangat sayang pada ikan masnya itu karena merupakan pemberian kakek sebagai hadiah ulang tahunnya kesembilan, lima bulan yang lalu. Siapa menyangka, itulah pemberian terakhir kakek untuk Ade karena dua minggu setelah menghadiahi Ade ikan mas koki, kakek berpulang menghadap Tuhan.

Ade ingat pesan kakek, agar ia memelihara ikan itu dengan baik. Ade mengingat baik-baik pesan kakek. Oleh karena itulah, ikan mas koki itu dia pelihara dengan baik. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, dia memberi makan beberapa biji pelet.

Namun, ikan mas koki itu telah mati. Ade meraih tatakan cangkir di tangan ayahnya. Dia menatap bangkai ikan itu dengan hati yang sangat sedih. Sambil terisak, Ade menatap bangkai ikan kesayangannya. Ayah membelai kepala Ade. Setelah itu, Ayah menyuruh Ade memasukkan ikannya ke dalam lubang, lalu menimbunnya dengan hati-hati. Ade tidak sedih lagi. Ikan mas pasti melapor kepada kakek “di atas sana” bahwa dia sudah dirawat dengan baik oleh Ade.

(Dari Kompas, 23 Januari 2005, dengan pengubahan)

2. Menyebutkan Tokoh dalam Cerita

Tokoh adalah pelaku dalam cerita. Tokoh dalam cerita ada yang mempunyai watak baik dan ada juga yang berwatak jahat. Selain itu, tokoh dalam cerita juga dapat berujud binatang dan tumbuhan.

Coba jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar! Kerjakan di buku tugasmu!

a. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Ikan Mas Ade” di depan?
b. Bagaimana watak tokoh dalam cerita tersebut?
c. Mengapa Ade sangat menyayangi ikan peliharaannya?
d. Apa yang dilakukan Ade pada ikannya sebelum berangkat sekolah?
e. Siapa yang memberi ikan mas koki kepada Ade?
f. Kapan Ade menerima hadiah ikan mas koki?
g. Mengapa Ade menangis dan bersedih?
h. Bagaimana pesan kakek kepada Ade?
i. Apa yang dilakukan Ade setelah ikannya mati?
j. Siapa yang menasihati Ade agar tidak bersedih?

3. Mengomentari Tokoh dalam Cerita

Berdasarkan jawaban yang kamu tulis atas pernyataan di atas, kamu dapat memberikan pendapat terhadap para tokoh dalam cerita ”Ikan Mas Ade” di depan!

Coba, sekarang sampaikan pendapatmu terhadap tokoh-tokoh dalam cerita ”Ikan Mas Ade”! Sampaikan pendapatmu secara lisan di depan kelas!

0 Response to "Materi B.Indonesia Kelas 3 DS/MI Pelajaran 3 Mengomentari Tokoh-tokoh Cerita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel