Materi B.Indonesia Kelas 3 SD/MI Pelajaran 2 Membaca Nyaring Teks

C. Membaca Nyaring Teks

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi berikut ini, kamu diharapkan mampu membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat dan mengajukan pertanyaan.

1. Membaca Teks dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat

Bacalah teks di bawah ini dengan nyaring! Lakukan secara bergiliran di depan kelas! Gunakan ucapan (lafal) dan lagu kalimat (intonasi) yang baik!

Kerja Bakti di Sekolah 

Hari masih pagi. Matahari belum begitu tinggi. Hari itu hari Sabtu. Anak-anak kelas III SD Cempaka Putih tiba-tiba berhamburan keluar dari kelas. Mereka berlarilari sambil bercanda dengan teman-temannya.

Anak-anak itu berlari menuju halaman sekolah. Mereka membawa alat-alat untuk kerja bakti, seperti sabit, sapu lidi, sekop, dan tempat sampah. Mereka akan bekerja bakti membersihkan halaman sekolah. Kerja bakti itu dipimpin oleh Bu Aminah.

Sebelum kerja bakti dimulai, dibuat kelompok kerja lebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan anak-anak bekerja dan tidak saling berebut.

Kelompok kerja itu terdiri atas lima kelompok. Setiap kelompok beranggotakan enam anak. Kelompok satu dipimpin oleh Amat. Kelompok dua dipimpin Anita. Kelompok tiga dipimpin Doni. Kelompok empat dipimpin Ratna. Kelompok lima dipimpin Rita. Mereka adalah anakanak yang suka bekerja dan bertanggung jawab sehingga ditunjuk menjadi ketua kelompok.

Dengan dipimpin oleh ketua kelompok masing-masing, mereka bekerja dengan giat. Acara kerja bakti itu pun cepat selesai. Halaman sekolah menjadi bersih.

(R. Nirbaya, 2006)

2. Menjawab Pertanyaan

Jawablah dengan benar di buku tugasmu!

a. Kapan anak kelas III SD Cempaka Putih melakukan kerja bakti?
b. Apa saja alat kerja bakti yang dibawa anak-anak kelas III?
c. Apa yang dibersihkan anak-anak kelas III dalam kerja bakti?
d. Satu kelompok kerja bakti beranggotakan berapa anak?
e. Mengapa Amat, Doni, Anita, Ratna, dan Rita dipilih menjadi ketua kelompok?

3. Persamaan Kata

Dalam bacaan di atas terdapat kata kelompok. Kata yang dicetak miring itu dapat diganti dengan kata regu. Sekarang gantilah kata-kata yang dicetak miring berikut dengan kata lain yang artinya sama atau hampir sama. Kamu dapat mengerjakan secara berpasangan dengan teman satu meja.

a. Anita menjadi ketua kelompok dua.
b. Anita menjadi pemimpin kelompok dua.

Tulislah persamaan kata-kata yang dicetak miring! Kerjakan di buku tugasmu!

a. Anita sedang bercanda dengan teman-temannya.
b. Mereka saling membantu dalam kerja bakti itu.
c. Rumah yang bersih dan banyak tanamannya terlihat asri.
d. Sekarang halaman sekolah kelihatan bersih.
e. Sampah merupakan sumber penyakit.

4. Membuat Kalimat Tanya

Perhatikan contoh di bawah ini!

a. Kalimat tanya : Apa yang dilakukan anak-anak kelas III?
Jawaban : Yang dilakukan anak-anak kelas III adalah kerja bakti.

b. Kalimat tanya : Siapa yang memimpin kerja bakti?
Jawaban : Yang memimpin kerja bakti adalah Bu Aminah.

Pada contoh kalimat tanya di atas terdapat kata tanya ”apa” dan ”siapa”. Kata tanya ”apa” digunakan untuk menanyakan sesuatu. Kata tanya ”siapa” digunakan untuk menanyakan pelaku/orang.

Buatlah kalimat tanya dengan jawaban-jawaban berikut ini!
Kerjakan di buku tugasmu!

a. _____________________________________________
Anak-anak yang melakukan kerja bakti adalah kelas III.
b. _____________________________________________
Kelompok satu dipimpin oleh Amat.
c. _____________________________________________
Sebelum kerja bakti dimulai, dibuat kelompok kerja dahulu.
d. _____________________________________________
Mereka membersihkan halaman sekolah.
e. _____________________________________________
Mereka diawasi oleh guru kelas.

0 Response to "Materi B.Indonesia Kelas 3 SD/MI Pelajaran 2 Membaca Nyaring Teks"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel