Materi PJOK KLS 4 Tema 1 Subtema 4

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari subtema ini, siswa diharapkan dapat
“ Mengetahui tinggi dan berat badan ideal “
“ mengetahui makanan bergizi dan jajanan yang sehat “
“ melakukan aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal “

Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Setiap zat tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber tenaga. Protein berfungsi sebagai zat pembangun. Air, mineral dan vitamin berfungsi sebagai zat pengatur.

Untuk mengetahui perkembangan tubuh, kita dapat melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Dari kedua data yang diperoleh, kita dapat menentukan berat badan ideal = ( tinggi badan -100 ) x 90 persen.

Misalnya seorang anak mempunyai tinggi badan 150 cm, maka berat badan ideal anak tersebut adalah berat badan ideal =( tinggi badan -100 ) x 90 persen = ( 150-100 ) x 90 persen = 45 kg.

Jika berat badan anak tersebut 20 persen di bawah 45 kg ( 36 ), maka anak tersebut dapat dikategorikan dalam keadaan gizi yang tidak seimbang. Akan tetapi jika berat badan anak tersebut  20 persen di atas 45 kg , maka anak tersebut dapat dikategorikan dalam keadaan kegemukan.

Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh kita berada dalam keadaan berat badan ideal adalah dengan memakan makanan yang bergizi dan memilih jajanan yang sehat. Pengertian jajanan sehat adalah jajanan yang bergizi dan tidak mengandung zat-zat berbahaya  bagi tubuh. Cara memilih jajanan sehat yang baik yaitu sebagai berikut.

 Bersih
Jauh dari tempat sampah, got, debu, dan asap kendaraan motor
Tertutup
Tidak bekas dipegang-pegang orang
Tidak terlalu manis dan berwarna mencolok
Masih segar
Tidak digorang dengan minyak goring yang sudah keruh
Tidak mengandung zat pemanis, zat pengawet, zat penyedap, dan zat pewarna buatan
Bau tidak apek atau tengik
Tidak dibungkus dengan kertas bekas atau Koran
Dikemas dengan plastic atau kemasan lain yang bersih dan aman
Lahat tanggal kadaluarsa

Permainan Kasti

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari subtema ini, siswa diharapkan dapat
Mengetahui tinggi dan berat bada ideal
Mengetahui makan bergizi dan jajanan yang sehat
Melakukan aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat bdan ideal

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni pemukul dan penjaga. Peru pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya, regu penjaga berusha menangkap bola serta mengalahkan regu pemukul. Regu yang banyak mengumpulkan nilai manjadi pemenangnya.

Alat yang dibutuhkan dalam permainan bola kasti adalah bola dan alat pemukul. Bola terbuat dari karet, sedangkan alat pemukul terbuat dari kayu. Bentuk lapangan kasti adalah segi empat yang dilengkapi tiang pemberhentian. Ukuran lapangan disesuaikan dengan situasi keadaan setempat.

Permainan kasti merupakan permainan yang menyenangkan. Kita perlu menguasai teknik permainan agar dapat memainkan kasti dengan baik. Teknik-teknik permainan kasti yang perlu dikuasai adalah melempar dan menangkap bola, memukul bola serta cara berlari. Latihan melempar dan mengkap bola dapat dilakukan secara berpasangan. Aturlah jarak lempar tangkap bola ketika berlatih. Pertama-tama lakukan latihan lempar tangkap bola dalam jarak dekat. Setelah cukup menguasai, lakukan dalam jarak yang agak jauh. Latihan melempar dan memukul bola juga dapat dilakukan secara berpasangan. Aturlah jarak melempar dan memukul bola ketika berlatih.

0 Response to "Materi PJOK KLS 4 Tema 1 Subtema 4"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel