Materi SKI Kelas 4 " Nabi Muhammad Saw. Santun dalam Menyampaikan Kebenaran "

Apa yang kamu ketahui pada gambar ?
Bagaimana perasaanmu?
Apakah kamu juga sering atau pernah melakukannya?

Nabi Muhammad Saw. merupakan seorang yang sopan dan santun dalam bertutur kata. Beliau jujur dan tidak pernah berdusta serta luhur budi pekertinya. Beliau tidak pernah membeda-bedakankan atau memandang seseorang dari status sosial, warna kulit, suku bangsa atau golongan. Beliau selalu berbuat baik kepada siapa saja bahkan kepada orang jahat atau orang yang tidak baik kepadanya. Nabi Muhammad Saw. mempunyai perilaku dan akhlak yang sangat mulia. Beliau memiliki budi pekerti yang agung. Seperti tersebut dalam firman Allah Surah al-Qalam/68:4.

Artinya: “Dan sesungguhnya Engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.” (Qs. Al-Qalam/68:4)

v Bagaimana sikap Nabi Muhammad Saw. terhadap kaum kafir Quraisy ?

Ketika kaum kafir Quraisy menuduhnya gila, beliau tidak marah, beliau tetap teguh, tenang dan sabar. Beliau berhasil dalam berdakwah karena mampu menahan diri ketika menerima celaan dan makian dari kaum kafir Quraisy.

Allah Swt. telah mengutamakan dan menyempurnakan sifat dalam diri Nabi Muhammad Saw. Sehingga beliau pantas menjadi teladan semua umat manusia. Nabi Muhammad Saw. telah terbiasa santun dalam menyampaikan kebenaran.

v Apa yang dapat kita teladani dari kepribadian Nabi Muhammad Saw ?

1. Pertama; santun dalam bicara

Dalam tutur kata Nabi Muhammad Saw. Selalu mengedepankan kefasihan dan keindahan. Tidak berbicara spontan namun penuh dengan persiapan. Nabi Muhammad Saw. terkenal sebagai orang yang paling fasih bahasanya, baik ucapannya dan teratur penjelasannya.

2. Kedua; santun dalam perbuatan

Nabi Muhammad Saw. selalu mengajarkan agar kita bersikap santun terhadap sesama, saling menghormati dan mengasihi. Beliau mengajarkan kepada kita untuk memperbanyak sedekah dan membantu terhadap orang yang sedang mengalami kesulitan serta peduli terhadap penderitaan anak yatim piatu, para janda yang lemah, dan orang-orang miskin. 

3. Ketiga; santun dalam pengambilan keputusan

Dalam pengambilan keputusan, Nabi Muhammad Saw. berpegang teguh pada petunjuk dari Allah Swt. Beliau tidak pernah salah dalam menentukan sikap karena beliau adalah orang yang bijaksana dalam segala hal.

4. Keempat; santun ketika berhadapan dengan orang yang membencinya 

Meskipun Nabi Muhammad Saw. selalu dihina, dicemooh, dicaci-maki, dianggap sebagai orang gila, dilempari kotoran, berulang kali ingin dibunuh, namun beliau tetap pemaaf, tidak pernah ada dendam dalam diri beliau.

v Sifat-sifat mulia apa saja yang wajib dimiliki Nabi Muhammad Saw. ?

1. Siddiq

Siddiq artinya jujur dan benar. Nabi Muhammad Saw memiliki sifat yang jujur dan benar dalam setiap kata dan perbuatan. Sehingga Nabi Muhammad Saw. mustahil bersifat kizib yang berarti berdusta.

2. Amanah

Amanah artinya terpercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaikbaiknya. Oleh kerana itulah masyarakat Makkah memberi gelaran kepada Nabi Muhammad Saw. dengan gelaran Al-Amin yang bermaksud jujur

dan terpercaya, jauh sebelum beliau diangkat jadi seorang Rasul. Nabi Muhammad Saw. Mustahil bersifat khianat yang artinya menghianati amanah yang dipercayakan kepadanya.

3. Tablig

Tablig artinya menyampaikan. Seorang Nabi dan Rasul berkewajiban menyampaikan perintah dan larangan Allah Swt. Maka mustahil bersifat kitman atau menyembunyikan pesan Allah.

4. Fathonah

Fathonah artinya bijaksana dan cerdas. Mustahil bagi seorang Rasul itu bersifat baladah atau bodoh.

Kegiatan
v Ayo, tuliskan hal-hal yang dapat kita teladani dari sifat-sifat mulia Nabi Muhmmad Saw.!

Aku Bisa
v Aku harus dapat meneladani sifat Siddiq, Amanah, Tablig, dan Fatonah.

Hati-Hati
v Jauhilah sifat kizib, khianat, kitman dan baladah. Karena ini merupakan
sifat mustahil Nabi Muhammad Saw.

Hikmah

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”(Qs. Al-Ahzab: 21)

0 Response to "Materi SKI Kelas 4 " Nabi Muhammad Saw. Santun dalam Menyampaikan Kebenaran ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel