Materi Pelajaran SKI Kelas 4 " Nabi Muhammad Saw. sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam "

Ayo, cermati ayat berikut ini!
Dalam Al-Qur'an surah Al-Anbiya ayat 107 berbunyi:

Artinya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (Qs. Al-Anbiya/ 21 : 107)

v Apa maksud ayat di atas?

Dengan jelas Allah Swt. telah menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw. diutus sebagai «rahmat bagi seluruh alam semesta». Agar dapat menyerap rahmat dari Nabi Muhammad Saw. maka manusia harus menerima dan mengikuti ajaran beliau.

Nabi Muhammad Saw. mengajarkan tentang persamaan derajat manusia. Beliau juga mengajarkan agar penyelesaian masalah tidak boleh dilakukan dengan cara kekerasan, namun harus dilakukan dengan cara-cara yang damai dan beradab. Seperti yang telah beliau lakukan ketika akan meletakkan Hajar Aswad pada tempatnya.

Dengan bijak Nabi Muhammad Saw. berhasil menyelesaikan masalah tentang siapa yang berhak mengembalikan Hajar Aswad di sudut Ka’bah. Tahukah kamu apa yang beliau lakukan saat itu? Meskipun beliaulah yang berhak meletakkan kembali Hajar Aswad itu, namun beliau tetap meminta para pemuka dan pemimpin kabilah Quraisy ikut membantu mengangkat Hajar Aswad. Akhirnya para pemuka dan pemimpin kabilah Quraisy merasa dihormati sehingga mereka semakin bertambah simpati kepada beliau.

v Apa tugas Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmah bagi seluruh alam?

Ayo, cermati Firman Allah Swt surah al-Ahzab/33: 45-46 berikut !

Artinya: “Wahai Nabi! Sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi, pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, dan untuk menjadi penyeru kepada (agama) Allah dengan izin-Nya dan sebagai cahaya yang menerangi.” (Q.S. al-Aahzab/33 : 45-46)

Berdasarkan ayat di atas, maka Nabi Muhammad Saw. sebagai Rasul Allah mengemban tugas sebagai berikut:

1. Syâhidan yaitu menjadi saksi bagi seluruh umat di hadapan Allah Swt. di hari akhir kelak.
2. Mubasysyiran yaitu pemberi kabar gembira kepada umat yang beriman, bahwa mereka kelak akan masuk surga jika menjalankan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya.
3. Nadziran yaitu pemberi peringatan kepada orang yang tidak beriman bahwa mereka akan dimasukkan kedalam neraka karena tidak mau menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.
4. Dâ’iyan Ilâ Allah yaitu penyeru kepada agama Allah Swt. agar mau memeluk agama Islam.
5. Sirâjan Munîran yaitu cahaya yang menerangi umat manusia yang hidup dalam kegelapan dengan ajaran Islam.

Nabi Muhammad Saw. tidak hanya diutus untuk penduduk Mekah, atau bagi bangsa Arab saja, namun bagi seluruh umat manusia. Nilai-nilai ajarannya bersifat universal dan dapat meningkatkan martabat umat manusia.

Kegiatan
v Ayo, jelaskan kembali tugas Nabi Muhammad Saw. sesuai dengan surah Al- Ahzab ayat 45 dan 46!
v Ayo, tuliskan jawabanmu di buku tugasmu!

Aku Bisa
v “Aku harus belajar menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan Swt.”

Hati-Hati
v Allah Swt. sangat membenci orang-orang suka mengatakan apa yang tidak mereka kerjakan.

Hikmah

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."(Al-Ahzab : Ayat 21)

0 Response to "Materi Pelajaran SKI Kelas 4 " Nabi Muhammad Saw. sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel