Materi Pelajaran SKI Kelas 4 " Ketabahan dan Keteladanan Nabi Muhammad Saw. dalam Berdakwah "

Ayo, dengarkan cerita gurumu tentang Ketabahan dan Keteladanan Nabi
Muhammad Saw. dalam berdakwah dengan sungguh-sungguh !
Bagaimana ketabahan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah?

Nabi Muhammad Saw. memiliki akhlak yang sangat mulia, beliau memiliki budi pekerti yang luhur. Beliau tetap tabah dan sabar dalam berdakwah meskipun mendapat banyak tantangan dan rintangan. Beliau selalu sabar dan tabah dalam keadaan apapun.

1. Beliau selalu tabah dalam menjalankan perintah Allah untuk berdakwah. Meskipun banyak tantangan beliau tetap melaksanakan dakwahnya.

2. Beliau selalu tabah dalam menjauhi larangan Allah Swt., dan tidak menyerah kepada suatu kebatilan.

3. Beliau selalu tabah dalam menghadapi musibah dan kesulitan. Musibah dan kesulitan tidak pernah membuat beliau gentar dalam berdakwah.

v Apa yang dapat diteladani dari dakwah Nabi Muhammad Saw.?

Keteladanan dakwah Nabi Muhammad Saw. dapat dipetik dari cara dan sikap beliau dalam berdakwah.

v Bagaimanakah cara Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah?

1. Nabi Muhammad Saw. berdakwah dengan memberi contoh yang baik (uswah hasanah), baik lisan maupun perbuatan dalam kehidupan seharihari. Sebelum Nabi Muhammad Saw. menyampaikan sesuatu, terlebih dahulu beliau melaksanakannya.

2. Nabi Muhammad Saw. berdakwah dengan penuh kesabaran dan hatihati, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, bersikap halus, dan lemah lembut.

3. Nabi Muhammad Saw. menganggap para pengikutnya sebagai sahabat. Islam telah menerapkan kesetaraan, sehingga cara ini semakin menimbulkan rasa simpati yang luar biasa.

4. Nabi Muhammad Saw. selalu bersama para sahabat dalam keadaan suka maupun duka.

5. Nabi Muhammad Saw. tidak pernah memaksakan kehendak dalam berdakwah. Beliau hanya menyampaikan ajaran dari Allah Swt.

6. Nabi Muhammad Saw. tidak menggunakan kekerasan dalam berdakwah.

Cara-cara tersebut merupakan salah satu kunci kesuksesan NabiMuhammad Saw. dalam berdakwah. Dengan uswah hasanah dan kasih sayang beliau mengajak umat manusia kepada agama Allah. Dengan sabar dan lembut beliau telah berhasil mengajar umat manusia mengenal akan Allah Swt.

Nabi Muhammad Saw. merupakan salah satu rasul Ulul Azmi yang telah teruji kesabaran dan ketabahannya sejak masih kanak-kanak hingga dewasa . Sejak kecil Nabi Muhammad Saw. telah menjadi yatim. Di usia 6 tahun ibundanya telah wafat. Namun Muhammad Saw. tetap tabah dan sabar.

Ketabahan dan kesabaran Nabi Muhammad Saw. tersebut patut menjadi teladan seluruh umat manusia. Apalagi pada masa sekarang, untuk melakukan suatu kebenaran banyak sekali cobaannya. Untuk menjauhi suatu larangan banyak sekali godaannya. Dapatkah kamu menunjukkan contohnya? 
Bagaimana kamu meneladani ketabahan Nabi Muhammad Saw.?

Kegiatan

v Ayo, ceritakan kembali bagaimana keteladanan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah!
v Ayo, tuliskan ceritamu di buku catatanmu dan bacakan di depan kelas!

Aku Bisa

v “Aku harus dapat meneladani sifat sabar Nabi Muhammad Saw.“

Hati-Hati

v Dengan kasih sayang hati orang dapat ditundukkan. Maka jangan bersikap keras dan berlaku kasar kepada mereka, agar mereka tidak meninggalkanmu.

Hikmah

Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.” (Qs. An-Nahl:125)

0 Response to "Materi Pelajaran SKI Kelas 4 " Ketabahan dan Keteladanan Nabi Muhammad Saw. dalam Berdakwah ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel