Materi Pelajaran SKI " Tantangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. dan Para Sahabat "

Ayo, amati cerita gurumu tentang tantangan dakwah Nabi Muhammad
Saw. dan para sahabat dengan sungguh-sungguh !

Ayo Bertanya

v Siapa yang menentang dakwah Nabi Muhammad Saw.?
v Bagaimana kaum kafir Quraisy menentang dakwah Nabi ?

Ayo Membaca

Tantangan yang paling berat ketika Nabi Muhammad Saw. berdakwah adalah dari para penguasa Mekah, kaum bangsawan, dan para pemilik budak.

1. Tantangan dari paman Nabi Muhammad Saw.

Paman nabi yang bernama Abu Lahab dan Abu Jahal sangat menentang dakwah Nabi Muhammad Saw. Ketika Nabi Muhammad Saw. mengumpulkan para kaum kafir Quraisy di Bukit Shafa untuk menyatakan bahwa beliau adalah utusan Allah, mereka menentangnya, terutama Abu Lahab. Abu Lahab marah dan memaki-maki Nabi Muhammad Saw. Kemudian Nabi Muhammad Saw. terdiam dan turunlah ayat Al-Qur'an Surah al-Lahab ayat 1-5:

Artinya:
1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!
2. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.
3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka)..
4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah)..
5. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal. (Q.S al-Lahab/111:1-5)

Surah tersebut menggambarkan ancaman hukuman Allah Swt. terhadap Abu Lahab karena kekejamannya yang selalu menyakiti dan menentang ajaran yang dibawa Nabi Muhammad Saw. Suatu saat, ketika Nabi Saw. sedang melaksanakan salat, Abu Lahab meletakkan kotoran di atas punggung Beliau. Bahkan juga pernah memasukkan kotoran kedalam makanan Nabi Saw. Istri Abu Lahab pun sangat jahat. Ketika Nabi Saw. tidur di malam hari ia meletakkan duri-duri di depan pintu rumah agar keesokan harinya duri-duri itu mengenai kaki Nabi. Oleh karena itu dalam surah Al-Lahab, disebutkan bahwa kelak istri Abu Lahab juga akan masuk ke dalam neraka dengan membawa kayu bakar.

2. Penentangan dari Penguasa Mekah

Kaum Quraisy tidak ingin adanya persamaan derajat. Mereka khawatir kekuasaan dan usaha dagangnya terganggu oleh dakwah dari Nabi Muhammad Saw. Kemudian Kaum Quraisy memperalat paman Nabi Muhammad Saw. yang bernama Abu Thalib. Kaum Quraisy menyuruh Abu Thalib agar memerintahkan Nabi Muhammad Saw. menghentikan dakwahnya. Kaum Quraisy berjanji akan memberi imbalan kepada Abu Thalib apabila ia tidak menghalangi rencana mereka untuk membunuh Nabi Muhammad Saw. Namun hal itu ditolak oleh Abu Thalib.

3. Pemboikotan Bani Hasyim dan Bani Muthallib

Kaum Kafir Quraisy melarang siapa pun untuk berhubungan dengan Bani Hasim dan Bani Mutahllib. Larangan (pemboikotan) ini berlangsung selama 3 tahun dan menimbulkan penderitaan yang luar biasa bagi Bani Hasyim dan Bani Muthallib. Pada akhirnya kaum Quraisy sadar dan kesepakatan untuk mengasingkan Bani Hasyim dan Bani Muthalib dihentikan. Tidak lama kemudian Abu Thalib, yang merupakan pelindung utama Bani Hasyim, meninggal dunia pada usia 87 tahun. Tiga hari kemudian istri Nabi, Khadijah meninggal dunia. Peristiwa itu terjadi pada tahun kesepuluh kenabian Nabi Muhammad Saw. Tahun itu merupakan tahun kesedihan bagi Nabi Muhammad Saw. dan diberi nama amul –huzn atau tahun kesedihan.

4. Penyiksaan oleh para pemilik budak dan kafir Quraisy kepada para sahabat

Tidak hanya Nabi Muhammad saja yang mendapatkan tantangan dalam berdakwah. Serangan penghinaan dan penyiksaan juga dialami oleh para sahabat. Siapa sajakah sahabat Nabi Muhammad Saw. yang mendapatkan tantangan dari kaum kafir Quraisy? Mereka adalah:

1. Khadijah binti Khuwailid (istri Nabi Muhammad Saw.)

Dalam sejarah dakwah Nabi Muhammad Saw. peran Khadijah sangat penting. Khadijah selalu mendukung perjuangan dakwah Nabi dengan harta benda, jiwa, dan raga. Kaum kafir Quraisy menyuruh Khadijahagar mau membujuk Nabi Muhammad Saw. menghentikan dakwahnya. Namun Khadijah menolak bujukan itu. Kaum kafir Quraisy tak hentihentinya menghina, mengolok-olok, dan mencaci maki Khadijah dalam berbagai kesempatan.

2. Abu Bakar As-Shiddiq

Pada suatu hari ketika Nabi Muhammad Saw. beribadah di Ka’bah, Nabi didatangi beberapa orang kafir Quraisy. Mereka lansung menyerang Nabi hingga tidak berdaya. Beruntunglah ada Abu Bakar yang segera membantu Nabi Muhammad Saw. dan terjadilah perkelahian diantara mereka. Akhirnya Abu Bakar berhasil mengusir kaum kafir Quraisy itu. Namun Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar juga mengalami luka yang cukup parah. Kejadian penyerangan terhadap Nabi Muhammad Saw. terjadi berulang-ulang. Abu Bakar selalu berusaha melindungi Nabi Muhammad Saw. dari serangan kafir Quraisy.

3. Fatimah binti Muhammad (putri Nabi Muhammad Saw.)

Fatimah lahir pada tahun ke-5 masa kenabian, ia selalu menyaksikan Nabi Muhammad Saw. mendapat tentangan dari kaum kafir Quraisy. Fatimah juga selalu mendapatkan hinaan dan cacian dari kafir Quraisy. Ketika Nabi Muhammad Saw. dilempari kotoran oleh kaum kafir Quraisy, Dialah yang mencuci baju ayahnya. Suatu ketika cobaan yang berat datang menghampirinya. Yaitu ketika ibunda tercinta Khadijah meninggal dunia. Meskipun ia merasa sangat sedih dengan kematian ibunya. Ia tetap tegar dalam menghadapi cobaan hidupnya.

4. Ibnu Mas’ud

Ibnu Mas’ud adalah seorang pemberani. Ia juga memiliki kelebihan bersuara merdu. Pada suatu ketika ia memberanikan diri untuk membaca Al-Qur'an secara terang-terangan. Hal tersebut mengakibatkan ia mendapat siksaan dan pukulan dari kaum kafir Quraisy. Meskipun demikian ia tetap memegang teguh ajaran Agama Islam. Setelah kejadian itu ia diangkat menjadi saudara oleh Zubair bin Awwam yang selalu melindunginya. Sehingga ia tidak mendapat siksaan lagi dari kaum kafir Quraisy.

5. Keluarga Sumayah

Penyiksaan keji lainnya dilakukan kafir Quraisy kepada keluarga Sumayah. Mereka disiksa dengan sangat kejam, mereka dipaksa untuk keluar dari Agama Islam. Namun mereka tetap teguh pendirian dalam mempertahankan Agama Islam.

6. Arqam bin Abil Arqam

Arqam bin Abil Arqam memiliki rumah yang berada di pinggiran Kota Mekkah, di Bukit Safa. Rumah ini digunakan untuk berdakwah Nabi Muhammad Saw. pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi. Oleh karena itu ia tidak jarang menerima hinaan dan celaan dari kafir Quraisy. Meskipun demikian ia tetap setia menjadi pengikut Nabi Muhammad Saw. dan ikut hijrah ke Madinah.

7. Bilal bin Rabah

Penghinaan dan penyiksaan juga terjadi kepada Bilal oleh majikannya yang bernama Umayyah bin Khalaf. Ia dijemur di tengah terik matahari di atas pasir panas tanpa mengenakan baju sambil dilempari batu. kemudian batu besar ditempelkan di dadanya. Maksud dari siksaan Umayyah itu supaya Bilal mau menyembah berhala kembali, tetapi dia tidak gentar sedikit pun. Akhirnya Abu Bakar membeli Bilal dari Umayyah dengan harga yang sangat tinggi. Setelah bebas dari Umayyah Bilal menjadi muazin.

Selain sahabat di atas, masih banyak sahabat-sahabat lain yang juga mengalami kekerasan dari kaum kafir Quraisy baik itu berupa hinaan, siksaan bahkan hingga kehilangan nyawa. Namun mereka tetap gigih mempertahankan kebenaran yang diyakininya, yaitu “Dinul Islam”.

0 Response to "Materi Pelajaran SKI " Tantangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. dan Para Sahabat ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel