Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Bentuk Bumi Bulat

Bentuk Bumi Bulat

Menurut orang zaman dahulu, bumi berbentuk seperti meja bundar besar yang memiliki permukaan datar. Di tempat yang sangat jauh, yaitu di ujung bumi yang merupakan tempat matahari terbit dan tenggelam, terdapat jurang yang sangat dalam. Pandangan tersebut mungkin timbul karena permukaan bumi yang kita amati sehari-hari memang terlihat datar.

Bagaimanakah sebenarnya bentuk bumi itu? Dapatkah kamu membuktikan bahwa bentuk bumi bulat berdasarkan pengalaman sehari-hari? Berdasarkan peristiwa dan gejala alam yang dialami manusia, dapat dibuktikan bahwa bentuk bumi bulat. Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat, antara lain sebagai berikut.

Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Bentuk Bumi Bulat
bumi

1. Foto bumi yang diambil dari satelit buatan yang letaknya jauh di ruang angkasa menunjukkan bahwa bumi bulat.

2. Jika kita berlayar terus ke satu arah, maka akhirnya kita akan kembali ke tempat permulaan kita berlayar.

3. Jika kita memerhatikan kapal laut pada saat berlayar ke tengah laut, maka yang mula-mula lenyap dari pandangan kita adalah badan kapal baru kemudian tiang-tiangnya. Akhirnya, seluruh badan kapal hilang dari pandangan kita.

4. Pada waktu matahari akan terbit, awan dan gunung-gunung tinggi di sebelah timur sudah tampak terang, sementara di sebelah barat masih tampak gelap.

Menurut hasil penelitian, bentuk bumi tidak benar-benar bulat, tetapi bulat pepat. Tahukah kamu apa artinya bulat pepat? Apa pula penyebabnya? Coba diskusikan dengan teman-teman dan gurumu!

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Bentuk Bumi Bulat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel