Materi PJOK Kelas 2 Tentang Budaya Hidup Sehat

PELAJARAN 6
BUDAYA HIDUP SEHAT

Kebersiha Tangan

Tangan adalah anggota tubuh kita yang harus dijaga kebersihannya. Anggota tubuh yang banyak digunakan untuk melakukan kegiatan adalah tangan. Tangan digunakan untuk menulis, bekerja, makan, minum dan lain-lain. Setelah melakukan aktifitas tangan harus selalu dibersihkan. Sebelum makan cucilah tanganmu terlebih dahulu, cuci tangan menggunakan sabun. Untuk mengeringkan tangan hendaknya memakai lap. Kuku dipotong seminggu sekali, apabila kuku tidak dipotong akan membawa bibit penyakit.

Kebersihan Kaki

Kaki adalah anggota tubuh yang sangat penting. Kaki digunakan kita untuk berjalan, berlari, melompat dan meloncat. Kita harus membersihkan kaki setiap hari yaitu pada saat mandi, setelah bermain dan mau tidur. Saat membersihkan kaki sela-sela jari kaki harus diperhatikan cucilah dengan sabun. Kaki supaya tetap bersih harus memakai alas kaki. Kaki yang kotor membawa penyakit. Kuku kaki harus dipotong seminggu sekali. Berangkat sekolah harus membawa alat kaki. Sepatu untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam.

Cara Makan Sehat

Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Biasakanlah berdoa sebelum makan. Makanlah dengan menggunakan tangan kanan. Pakailah garpu dan sendok saat makan. Janganlah berbicara atau bercanda saat makan. Kunyahlah makanan sebanyak 32 kali  tujuannya adalah supaya makanan lembut. Makanan yang lembut mudah dicerna. Minum juga harus cukup, minumlah sehari enam samapai delapan gelas sehari supaya badan tidak kekurangan cairan.

Makan yang bergizi harus mengandung 4 sehat 5 sempurna. Makan yang kita makan mengandung berbagai zat dan vitamin. Makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna adalah nasi, lauk pauk, sayur buah-buahan dan susu. Contoh sayuran adalah kangkung, kol, wortel, bayam, kancang panjang dll. Contoh lauk pauk adalah tempe, tahu, telor ikan dan daging. Makanan yang termasuk buah-buahan adalah pisang, mangga, papaya, jeruk , jambu dll

Baca Juga 

1. Ini Kisah Legendaris Seorang Zola 
2. Model Ini Memilih Pensiun Dari Film Dewasa Siapa Dia ?

0 Response to "Materi PJOK Kelas 2 Tentang Budaya Hidup Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel