Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik ( Dekolah Dasar )

Menurut teori kognitif Piaget pemikiran anak-anak usia sekolah dasar masuk dalam tahap pemikiran konkret-operasional yaitu masa dimana aktivitas mental anak terfokus pada objek-objek yang nyata atau pada berbagai kejadian yang pernah dialaminya. Menurut Piaget operasi adalah hubungan-hubungan logis diantara konsep-konsep atau skema-skema. Sedangkan operasi konkret adalah aktivitas mental yang difokuskan pada objek-objek dan peristiwa-peristiwa nyata atau konkret dapat diukur

Ini berarti bahwa anak usia sekolah dasar sudah memiliki kemampuan untuk berpikir melalui urutan sebab akibat dan mulai mengenali banyaknya cara yang bisa ditempuh dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Anak usia ini juga dapat mempertimbangkan secara logis hasil dari sebuah kondisiatau situasi serta tahu beberapa aturan atau strategi berpikir, seperti penjumlahan, pengurangan, pengadaan, mengurutkan seseuatu secara berserti dan mampu memahami operasi dalam sejumlah konsep seperti 5x6 = 30, 30:6 = 5 ( Johnson & Medinnus 1974 )

Dalam upaya memahami alam sekitarnya, mereka tidak lagi terlalu mengandalkan informasi yang bersumber dari pancaindra, karena ia mulai mempunyai kemampuan untuk membedakan apa yang tampak oleh mata dengan kenyataan yang sesungguhnya dan antara yang bersifat sementara dengan yang yang bersifat menetap. Misalnya mereka akan tahu bahwa air dalam gelas besar pendek dipindahkan ke dalam gelas yang kecil tinggi, jumlahnya akan tetap sama karena tidak satu tetes pun yang tumpah. Hal ini dikarenakan meraka tidak lagi mengandalkan persepsi penglihatannya, melainkan sudah mampu menggunakan logikanya. Mereka dapat mengukur, menimbang, dan menghitung jumlahnya, sehingga perbedaan yang nyata tidak membodohkan mereka

Pemahaman tentang waktu dan ruan anak usia sekolah dasar juga semakin baik. Karena itu mereka dapat dengan mudah menemukan jalan keluar di ruangan yang lebih kompleks daripada sekedar ruangan di dalam rumahnya sendiri. Kelalupun mereka sempat tertinggal sendiri pada saat jalan-jalan di sebuh pusat pertokoan, mereka akan mampu menemukan jalam pulang

Menurut Piaget anak-anak pada masa konkret operasional ini telah mampu menyadari konservasi yakni kemampuan anak untuk berhubungan dengan sejumlah aspek yang berbeda secara serempak ( Johnson & Medinnus 1974 ). Hal ini adalah karena pada masa ini anak telah mengembangkan tiga macam proses yang disebut dengan operasi-operasi yaitu negasi, resiprokasi dan identitas. Oke semoga bermanfaat

0 Response to "Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik ( Dekolah Dasar )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel