Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Permukaan Bumi Terdiri atas Daratan dan Air

Permukaan Bumi Terdiri atas Daratan dan Air

Permukaan bumi kita terdiri atas daratan dan air. Sepertiga bagian dari bumi berupa daratan, sedangkan dua pertiganya berupa air yang banyak terdapat di lautan. Daratan dapat berupa pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai, dan tepi pantai. Lautan dapat berupa pantai, teluk, selat, dan laut. Beraneka ragam jenis tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) terdapat di antara pedalaman lautan sampai ke daerah gunung.

Jenis tumbuhan dan hewan yang terdapat di lautan berbeda dengan jenis tumbuhan dan hewan yang terdapat di daratan. Jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai berbeda dengan jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di lerenglereng gunung.

Jenis tumbuhan dan hewan laut bervariasi. Pada kedalaman lebih dari 1.000 m di bawah permukaan laut, tumbuhan sudah sulit dijumpai atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Mengapa demikian? Karena mulai kedalaman 1.000 m, sinar matahari yang dapat mencapai daerah tersebut makin sedikit. Jika tidak ada sinar matahari, maka tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Tahukah kamu apa yang disebut fotosintesis? Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan.

Berdasarkan gelap terangnya, daerah lautan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu daerah terang dan daerah gelap. Daerah terang adalah daerah yang memeroleh pancaran sinar matahari. Daerah ini terletak di kedalaman antara 0 - 1.000 m. Daerah gelap adalah daerah yang sudah tidak memeroleh pancaran sinar matahari. Daerah ini terletak di kedalaman lebih dari 1.000 m.

Batas-Batas Daratan dan Lautan

a. Alat dan Bahan
Globe (bola bumi tiruan)

b. Cara Kerja
1) Amati globe bersama dengan kelompokmu!
2) Coba tunjukkan (dengan cara memeragakan) beberapa batas daratan dan lautan!
3) Sebutkan warna-warna yang ada pada daratan yang menunjukkan ketinggian!
4) Sebutkan pula warna-warna yang ada pada lautan yang menunjukkan kedalaman!

a) Pada daratan:
(1) Dataran rendah ditunjukkan oleh warna ....
(2) Pegunungan ditunjukkan oleh warna ....
b) Pada lautan:
(1) Lautan dangkal ditunjukkan oleh warna ....
(2) Lautan dalam ditunjukkan oleh warna ....

6) Tulis hasilnya di buku tugasmu, tentukan pula kesimpulannya!

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Permukaan Bumi Terdiri atas Daratan dan Air"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel