Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Berbagai Bentuk Permukaan Bumi

Berbagai Bentuk Permukaan Bumi

Pernahkah kamu melihat gunung atau pegunungan? Pernahkah kamu melihat bukit atau perbukitan? Perhatikan Gambar 1.

Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Berbagai Bentuk Permukaan Bumi
gambar pegunungan

Berdasarkan Gambar 1, kita dapat melihat berbagai bentuk permukaan bumi. Ada dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Hal itu menunjukkan bahwa bentuk permukaan bumi tidak rata. Perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi tersebut dinamakan relief bumi. Bagian permukaan bumi yang berupa daratan, ada yang datar dan ada yang tidak datar. Hal itu ditunjukkan dengan adanya gunung, bukit, lembah, danau, dan sungai.

1. Gunung dan Pegunungan

Gunung terdapat di seluruh dunia, bahkan ada pula yang berada di bawah laut. Coba sebutkan nama-nama gunung yang terdapat di daerah sekitar tempat tinggalmu! 

Gunung adalah tanah yang menjulang tinggi ke atas dan umumnya berbentuk kerucut atau kubah yang berdiri sendiri. Pegunungan adalah kumpulan beberapa gunung yang berdiri saling berdekatan. Gunung mempunyai bagian yang tertinggi yang disebut puncak. Gunung dan pegunungan serta bagian-bagian lainnya dapat diketahui tingginya setelah diukur dari permukaan air laut.

2. Bukit dan Perbukitan

Bukit juga merupakan tanah yang menjulang tinggi ke atas, tetapi lebih rendah daripada gunung. Beberapa bukit dapat membentuk deretan yang disebut perbukitan. Apakah di daerahmu terdapat perbukitan?

3. Lembah

Lembah merupakan tanah rendah yang luas di kaki gunung. Lembah dibatasi oleh dinding-dinding lereng gunung

4. Danau

Danau adalah suatu kumpulan air yang berada di dalam cekungan. Cekungan tersebut biasanya berbentuk seperti mangkuk dan dikelilingi oleh daratan. Karena dikelilingi oleh daratan, maka air danau tidak berhubungan langsung dengan air laut.

Di Indonesia banyak terdapat danau. Air danau berasal dari air hujan, sungai-sungai, dan sumber-sumber air di pegunungan. Danau dimanfaatkan untuk pengairan, menangkap ikan, dan tempat wisata. Apakah di daerahmu terdapat danau? Kalau ada, coba sebutkan!

5. Sungai

Sungai merupakan tempat air mengalir buatan alam. Aliran air ini terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi. Umumnya, air sungai mengalir menuju ke laut, danau, atau sungai lainnya. Bagian sungai yang dekat sumber air disebut hulu sungai, sedangkan bagian yang dekat dengan laut disebut muara sungai. Berdasarkan asal airnya, sungai dibedakan menjadi tiga, yaitu:

a. sungai hujan, adalah sungai yang airnya berasal dari air hujan dan mata air;

b. sungai gletser, adalah sungai yang airnya berasal dari salju yang mencair; dan

c. sungai campuran, adalah sungai yang airnya berasal dari air hujan dan salju yang mencair.

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 11 Berbagai Bentuk Permukaan Bumi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel