Materi Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Bermain Menjaring Ikan
Ayo Mengamati
permainan menjaring ikan |
Di dekat rumah Ali ada kolam renang. Hampir setiap hari Minggu Ali bersama temantemannya bermain di kolam renang. Hari ini, mereka asyik bermain menjaring ikan. Mereka bermain di kolam yang dangkal. Dalam permainan menjaring ikan, terdapat gerakan berjalan di air.
Gerakan Berjalan di Air
Ayo Lakukan
Ayo lakukan permainan “Menjaring Ikan” di kolam renang bersama teman-temanmu!
Setelah bermain “Menjaring Ikan”, Ali dan temantemannya duduk di tepi kolam.
Ali bercerita tentang dongeng Ular dan Tikus.
Ayo Membaca
Bacalah dongeng fabel di bawah ini dengan mem bagi
tiga peran, yaitu sebagai Pencerita, Ular, dan Tikus!
Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan
Di sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Sebenarnya sang Ular sangat ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat memangsanya. Saat itu sang Ular sangat lapar, padahal ia sedang tidak mempunyai sedikit pun makanan. Sedangkan tikus yang berada tidak jauh dari sang Ular sedang asyik melahap makanannya. Sang Ular merasa tidak senang melihat kelakuan Tikus.
Ular : “Dengarkan ucapanku, wahai Tikus yang angkuh! Aku pasti akan mendapatkan tubuhmu yang mungil dan lezat itu!”
Tikus : “Hei, Ular. Berusaha dan bekerjalah. Jangan hanya berani mengancam. Kalau hanya mengancam, seekor semut pun bisa!”
Sang Ular sangat marah mendengar ejekan Tikus. Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut yang lapar.
Sedangkan Tikus masih lahap dengan makanannya. Waktu terus berjalan, tetapi ular tidak juga menemukan makanan. Ia juga enggan untuk ke luar dari sarangnya. Sementara itu Tikus sudah lelap dalam sarangnya. Ular yang masih dalam keadaan lapar segera mengendap-endap mend ekati sarang Tikus meski ia masih sangat kesal terhadap Tikus. Dan kini ular telah berada di sisi Tikus yang sedang tidur pulas.
Ular : “Hei, Tikus. Aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantapmu!”
Tikus segera terbangun dari tidurnya. Sambil berpura-pura menguap, ia mulai memutar otak agar bisa lolos dari cengkeraman sang Ular.
Tikus : “Tunggu dulu Ular, sahabatku. Kalau kau ingin memakanku, kau harus berpikir dulu. Kita hanya berdua di sini, tidak ada hewan lain. Jika kau memakanku maka kau akan sendiri. Kau tidak akan mempunyai teman yang dapat kauajak men cari makan. Kalau begitu kau tidak akan makan dan akhirnya kau akan mati!”
Sejenak sang Ular terdiam. Ia mencoba merenungkan nasihat Tikus.
Ular : “Jadi, kita tidak bisa hidup sendiri?”
Tikus : “Tentu. Bukankah kita bisa berteman dan tentunya kita dapat mencari makan bersama. Bukankah itu lebih menyenangkan daripada nantinya setelah kau memakanku kau hanya akan hidup sendiri.”
Ular mengangguk tanda mengerti.
Ular : “Baiklah kalau begitu, maafkan aku!”
Tikus pun memaafkan ular. Mereka tersenyum bahagia, kemudian beranjak mencari makanan bersama-sama.
(Nurngaini Solihati, 2007)
Ayo Berdiskusi
Diskusikan sikap kebersamaan yang dilakukan oleh Ular dan Tikus!
Tulis hasil diskusi kalian!
Ayo Menulis
Coba kamu tulis nama temanmu yang membacakan dongeng tersebut berdasarkan nomor urut presensi!
1. Pencerita:
2. Ular :
3. Tikus :
Kamu juga dapat mengelompokkan temantemanmu berdasarkan siswa yang menggunakan kacamata dan tidak menggunakan kacamata.
1. Siswa yang memakai kacamata
Membaca naskah teks sang Ular:
2. Siswa yang tidak memakai kacamata
Membaca naskah teks Tikus:
Kamu juga dapat mengelompokkan temantemanmu berdasarkan siswa yang berbeda jenis rambut.
Selain pengelompokan berdasarkan perbedaan tersebut, dapatkah kamu melakukan pengelompokan berdasarkan perbedaan yang lain?
Coba amati teman-temanmu!
Tuliskan hasil pengamatanmu!
Hasil pengelompokan berdasarkan:
Diskusikan
Diskusikan sikapmu terhadap teman yang berambut keriting atau berambut lurus!
Tulis hasil diskusi kalian!
Kegiatan Bersama Orangtua
Mengelompokkan anggota keluarga berkacamata dan yang tidak berkacamata.
0 Response to "Materi Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Bermain Menjaring Ikan"
Post a Comment