Macam-Macam Gerak Benda Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 7

Gerak benda dapat terjadi dengan berbagai cara. Ada yang bergerak dengan berlari, ada yang bergerak dengan berjalan, ada yang bergerak dengan terbang, ada yang bergerak di atas air, ada yang bergerak cepat, ada yang bergerak lambat, dan sebagainya. Benda yang dapat bergerak cepat, antara lain, sepeda motor, mobil, dan pesawat terbang. Benda yang bergerak lambat, antara lain, jarum jam, daun rontok, dan siput berjalan.

Berikut akan kita pelajari bermacam-macam gerak pada benda, antara lain, jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, dan tenggelam.

1. Jatuh

Mengapa benda dikatakan jatuh? Pernahkah kamu jatuh? Bagaimana arah geraknya? Apa yang menyebabkannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!

Gerak Jatuh Suatu Benda Ambil sebuah pensil dan letakka

Gerak Jatuh Suatu Benda
Gerak Jatuh Suatu Benda

Apakah yang terjadi? Bagaimanakah kedudukannya? Pensil akan berpindah kedudukannya dari atas meja menjadi ke bawah meja. Jadi, benda dikatakan jatuh apabila kedudukannya atau letaknya berubah dari atas ke bawah. Mula-mula pensil berada di atas meja kemudian jatuh ke bawah meja karena ada tenaga yang menggerakkannya.

2. Mengalir

Tahukah kamu dari mana asalnya air sungai? Air sungai berasal dari mata air di pegunungan, atau berasal dari air hujan. Air sungai kemudian mengalir ke laut yang letaknya lebih rendah. Adanya perbedaan ketinggian antara pegunungan atau su ngai dengan laut menyebabkan air dapat mengalir. Jadi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah. Air yang mengalir deras merupakan bentuk energi yang sangat besar. Energi yang sangat besar tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Coba kamu sebutkan PLTA di Indonesia yang kamu ketahui!

Gerak Mengalir pada Air

Gerak Mengalir pada Air
Gerak Mengalir pada Air

Saat melakukan kegiatan ini berhati-hatilah saat menaikkan kaleng ke tempat yang lebih tinggi agar tidak tumpah dan membasahi badanmu.

a. Alat dan Bahan
1) Dua buah kaleng bekas 
2) Pipa plastik

b. Cara Kerja
1) Lubangi kaleng! Lubang ini berguna sebagai jalan untuk memasukkan pipa plastik.
2) Buatlah rangkaian seperti gambar di atas!
3) Isi kaleng A dengan air. Apakah air mengalir menuju kaleng B?
4) Naikkan kaleng A sehingga lebih tinggi daripada kaleng B! Apakah air mengalir menuju kaleng B?
5) Turunkan kaleng A sehingga lebih rendah daripada kaleng

B! Apakah air mengalir menuju kaleng B?

c. Kesimpulan
1) Jika posisi kaleng A sejajar dengan posisi kaleng B, maka air akan ....
2) Jika posisi kaleng A lebih tinggi daripada posisi kaleng B, maka air akan ....
3) Jika posisi kaleng A lebih rendah daripada posisi kaleng B, maka air akan ....

Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika membuat tandon air untuk disalurkan ke keran, maka posisi tandon sebaiknya lebih tinggi daripada posisi keran. Apa tujuannya? Agar air dapat mengalir ke keran dengan mudah.

3. Memantul

Pernahkah kamu melemparkan bola ke arah dinding? Bagaimana arah bola yang mengenai dinding tersebut? Setelah bola membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut memantul.

Bola Memantul
Bola Memantul

Gerakan memantul pada benda ternyata menimbulkan gagasan pada manusia. Berdasarkan gagasan tersebut, terbentuklah berbagai benda atau kegiatan yang memiliki dasar gerak pemantulan. Kegiatan yang telah terbentuk, antara lain, olahraga basket, olahraga voli, permainan bola bekel, dan olahraga tenis.

4. Menggelinding

Contoh benda yang bergerak dengan cara menggelinding, antara lain, bola dan kelereng. Jika kamu menendang bola, maka bola akan bergerak ke arah tertentu. Gerak menggelinding menyebabkan kedudukan benda berubah. Pernahkah kamu bermain kelereng? Coba saat bermain kelereng, perhatikan gerak menggelinding pada kelereng! Namun, agar kamu dapat mengetahui lebih jelas mengenai gerak menggelinding, coba lakukan kegiatan berikut!
Menggelinding
Menggelinding


1. Lakukan kegiatan ini bersama temanmu. Atur posisi kalian agar saling berhadapan!
2. Letakkan bola di lantai!
3. Mintalah kepada temanmu agar mendorong bola ke arahmu! Apakah yang terjadi dengan bola tersebut?

5. Berputar

Pernahkah kamu melihat kincir angin? Bagaimanakah gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara di dalam rumahmu terasa panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan pada kincir angin dan kipas angin tersebut dinamakan berputar. Coba sebutkan contoh-contoh gerak berputar yang lain!

Benda umumnya berputar pada as atau porosnya. Benda yang berputar cepat dapat menimbulkan energi yang besar. Misalnya, putaran yang cepat pada turbin pembangkit listrik dapat menghasilkan energi listrik. Listrik tersebut digunakan untuk membantu aktivitas manusia sehari-hari.

6. Tenggelam

Pernahkah kamu berpikir, mengapa kapal yang begitu besar dapat terapung di atas air, sedangkan sebuah paku kecil tenggelam di dalam air? Apakah yang menyebabkannya? Coba diskusikan masalah ini dengan teman-teman dan gurumu!

Peristiwa tenggelam dan terapung itu juga dialami oleh anak-anak yang sedang berenang dan menyelam. Suatu saat anak-anak tersebut dapat menyelam sampai ke dasar kolam (tenggelam), kemudian mereka naik ke atas permukaan air (melayang lalu mengapung). Dapatkah kamu berenang dan menyelam di air?

Agar kamu lebih mengetahui contoh-contoh benda yang dapat tenggelam, melayang, atau terapung di air, coba lakukan kegiatan berikut!

Contoh-Contoh Benda yang Dapat Mengapung, Melayang, atau Tenggelam

a. Alat dan Bahan
1) Beberapa jenis kayu
2) Beberapa benda yang terbuat dari beberapa jenis logam
3) Beberapa benda yang terbuat dari gabus
4) Ember atau mangkok besar berisi air

b. Cara Kerja
1) Masukkan benda tersebut satu demi satu ke dalam air!
2) Amati apa yang terjadi!
3) Salin tabel berikut di buku tugasmu dan catat hasilnya di dalam tabel! Berilah tanda (v) pada kolom yang sesuai dengan keadaan benda yang telah dimasukkan ke dalam air!

c. Pertanyaan
1) Benda-benda apakah yang terapung di dalam air?
2) Benda-benda apakah yang melayang di dalam air?
3) Benda-benda apakah yang tenggelam di dalam air?
4) Kesimpulan apakah yang dapat kamu peroleh?

0 Response to "Macam-Macam Gerak Benda Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 7"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel