Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain.

Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.

Ayo Mengamati

Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Siti: Halaman ini masih kotor dan tergenang air. Kita harus membersihkan dan mengeringkannya. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

Udin: Betul. Halaman ini harus bersih dan kering agar tidak licin. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?

Dayu: Ide yang bagus. Di mana kita mendapatkan alat pel karet? Siapa yang punya?

Beni: Di rumahku mungkin ada. Biar aku ambil sebentar, ya! Mudah-mudahan ada.

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Mengapa tempat bermain harus bersih dan kering?
Apakah tindakan Udin dan teman-teman sudah benar?

Ayo Membaca

Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?
3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu. Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan tanda tanya (?). Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan bagaimana pada kalimat tanya.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu isi gambar dengan
mengikuti petunjuk berikut!
• Duduklah berpasangan dengan temanmu!
• Amati gambar berikut dengan teliti!
Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5
anak terjatuh
• Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi gambar tersebut!
• Tuliskan dengan menggunakan kata: apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!
• Tuliskan pertanyaanmu pada kolom berikut!

1. ...............................................................................
2. ...............................................................................
3. ...............................................................................
4. ...............................................................................
5. ...............................................................................
5. ...............................................................................

• Sekarang, coba bacakan pertanyaan yang kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Ayo Mengamati

Udin dan teman-teman bermain gerakan menekuk.
Gerakan menekuk banyak bentuknya.

Gerak Dasar Menekuk Lutut

Gerakan menekuk lutut bertujuan untuk melatih kekuatan otot paha. Selain itu, berguna juga untuk kelenturan kaki. Berikut beberapa gerak dasar menekuk lutut.

1. Gerak Setengah Jongkok
2. Gerak Jongkok Penuh

Gerakan menekuk lutut dapat juga dibuat dalam kegiatan bermain. Kita dapat bermain kucing jongkok. Bermain kucing jongkok dapat dilakukan di air atau di darat.

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!

Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5
anak bermain
Cara Bermain Kucing Jongkok di Darat

1. Tentukan area bermain, dengan membuat garis pembatas lokasi bermain.
2. Buatlah garis melingkar seolah-olah lingkaran itu merupakan genangan air.
3. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!
4. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi kucing.
5. Kucing harus berada di tengah kelompok.
6. Siswa yang lain dikejar oleh sang kucing.
7. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.
8. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang dikejar menjadi kucing.
9. Ketika berlari harus memperhatikan garis lingkaran yang dinyatakan seolah-olah genangan air.
10.Ketika tepat berada di atas lingkaran, siswa harus berlari seolah-olah berlari di atas air.

Cara Bermain Kucing Jongkok di Air

1. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!
2. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi kucing.
3. Kucing harus berada di tengah kelompok.
4. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.
5. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang dikejar menjadi kucing.
6. Ketika berlari, harus berhati-hati karena dasar kolam yang licin bisa membahayakan diri.

Ayo Mencoba

Lakukanlah kegiatan berikut dengan benar!

1. Gerak dasar menekuk lutut setengah jongkok.
2. Gerak dasar menekuk lutut jongkok penuh.
3. Bermain kucing jongkok.

Ayo Membaca

Udin dan teman-teman telah bermain kucing jongkok. Bermain kucing jongkok merupakan bagian dari kegiatan olahraga. Walaupun berbeda suku bangsa, Udin dan temanteman berolahraga dengan rukun. Hidup rukun mencerminkan sikap persatuan dalam keberagaman.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu kegiatan-kegiatan
berikut!
• Diskusikan contoh kegiatan olahraga lain
yang mencerminkan sikap persatuan dalam
keberagaman!
• Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!

1. Nama Olahraga Bermain kucing jongkok
2. Nama Olahraga ...
3. Nama Olahraga ...
4. Nama Olahraga ...
5. Nama Olahraga ...
6. Nama Olahraga ...

Ayo Bercerita

• Ceritakan salah satu olahraga yang pernah kamu lakukan bersama temanmu!
• Ceritakan dengan jujur di depan temanmu!

Kegiatan bersama Orang Tua

Orang tua membimbing anak tentang penggunaan kalimat tanya di rumah. Misalnya saja dengan menunjuk sebuah benda, lalu memberikan pertanyaan menggunakan kata: apa, kapan, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana.

0 Response to "Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 5"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel