Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 6 Kegunaan Benda yang Terbuat dari Beberapa Macam Bahan

Setiap saat kamu selalu menggunakan alat atau benda, baik untuk keperluan makan, minum, bekerja, maupun untuk keperluan yang lain. Dari bahan apakah baju yang kamu pakai sekarang ini? Coba bayangkan apa yang terjadi jika bajumu terbuat dari kertas atau plastik! Berikut ini contoh kegunaan benda yang terbuat dari bahan kaca, kayu, kertas, dan plastik.

1. Kegunaan Benda yang Terbuat dari Kaca

Kaca merupakan bahan yang keras, jernih, tahan terhadap panas, dan tembus cahaya. Namun, kaca mudah pecah. Contoh benda-benda yang terbuat dari kaca adalah cermin, jendela, lampu, gelas, piring, alat-alat laboratorium, dan komponen elektronik.

Pembuatan jenis-jenis benda yang terbuat dari kaca tersebut tentunya memiliki fungsi masingmasing.Gelas berfungsi sebagai tempat minuman, piring berfungsi sebagai tempat makanan, cermin digunakan orang untuk berkaca, dan sebagainya. Pernahkah kamu mengambil air minum dengan menggunakan cermin? Dapatkah air diambil dengan menggunakan cermin? Tidak dapat, bukan? Jadi, semua benda yang dibuat memiliki fungsi masingmasing.

2. Kegunaan Benda yang Terbuat dari Kayu

Kayu adalah bahan untuk membuat bangunan dan peralatan rumah tangga. Contoh benda yang terbuat dari kayu, antara lain, meja, kursi, lemari, rak buku, pintu, dan jendela. Meja mempunyai fungsi sebagai tempat untuk meletakkan sesuatu, tempat atau alas saat kita menulis atau menggambar, tempat piring dan gelas saat kita makan, dan sebagainya. Pernahkah kamu dimarahi oleh guru karena duduk di atas meja? Mengapa? Karena fungsi meja bukan untuk diduduki. Duduklah di atas kursi karena fungsi kursi memang sebagai tempat duduk. Untuk itu, gunakan benda sesuai dengan fungsinya!

3. Kegunaan Benda yang Terbuat dari Kertas

Kertas merupakan suatu bahan yang berbentuk lembaran. Kertas dibuat dari serat kayu. Kertas banyak digunakan untuk menggambar, menulis, sebagai pembungkus makanan, dan sebagainya. Jenis kertas bermacam-macam, mulai dari kertasbuatan tangan yang lembut sampai kertas kartonyang keras. Kertas sangat praktis karena dapat didaur ulang setelah tidak digunakan. Pernahkah kamu melihat proses daur ulang kertas?

Tahukah kamu dari bahan apakah uang dibuat? Uang ada yang dibuat dari logam, ada pula yang dibuat dari kertas. Kertas yang digunakan untuk membuat uang biasanya tebal dan kaku agar tidak mudah robek. Benda lain yang dibuat dari kertas, antara lain, majalah, koran, buku, kertas tisu, dan kardus makanan. Fungsi benda-benda tersebut juga berlainan tergantung dari tujuan pembuatannya. Pernahkah kamu membungkus makanan dengan uang? Tentu tidak pernah, bukan?

4. Kegunaan Benda yang Terbuat dari Plastik

Plastik dapat digunakan sebagai pengganti bahan alami, seperti kayu, kulit, atau logam. Plastik bersifat tidak menyerap air, tidak mudah pecah, relatif ringan, dan mudah dibentuk. Benda-benda yang terbuat dari plastik, antara lain, kantong plastik, gelas, piring, sendok, gayung, jas hujan, ember, selang plastik, dan sikat gigi. Fungsi masing-masing benda yang terbuat dari plastik juga berlainan. Sikat gigi digunakan untuk menyikat gigi kita, gayung digunakan untuk mengambil air saat kita mandi, ember digunakan sebagai wadah air, dan sebagainya. Dapatkah kamu menyikat gigi dengan menggunakan gayung? Tidak dapat, bukan?
Kegunaan Benda yang Terbuat dari Plastik
Kegunaan Benda yang Terbuat dari Plastik

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 6 Kegunaan Benda yang Terbuat dari Beberapa Macam Bahan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel