Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 6 Sifat-Sifat Benda yang Terbuat dari Beberapa Macam Bahan

Kita telah mengenal bermacam-macam benda. Kaca, kayu, kertas, dan plastik termasuk benda padat. Namun, bahan-bahan tersebut memiliki sifat yang berlainan.

1. Sifat Benda yang Terbuat dari Kaca

Ambillah sebuah kaca. Amatilah sifatnya! Kamu harus berhati-hati ketika memegangnya. Kaca bersifat tembus pandang, tidak tembus air, tahan terhadap api, dan tahan lama. Namun, kaca tidak tahan benturan sehingga mudah pecah.

Benda yang terbuat dari kaca biasanya mudah pecah. Pernahkah kamu mencuci gelas? Bagaimana seandainya gelas yang kamu cuci tersebut jatuh ke lantai? Kemungkinan besar gelas itu akan pecah, bukan? Oleh karena itu, orang akan berhatihati saat memegang, menggunakan, atau memindahkan benda-benda yang terbuat dari kaca.

2. Sifat Benda yang Terbuat dari Kayu

Kayu merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. Kayu memiliki sifat kuat dan tidak mudah patah. Namun, kayu memiliki kekurangan, yaitu mudah terbakar dan mudah rusak oleh air.

Benda yang terbuat dari kayu biasanya kuat dan tahan lama asalkan tidak terkena air maupun api. Musuh lain dari kayu adalah rayap. Tahukah kamu apa itu rayap? Agar tahan lama, benda-benda yang terbuat dari kayu sebaiknya dicat atau divernis. Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti gambar di bawah ini ?

Sifat Benda yang Terbuat dari Kayu
Sifat Benda yang Terbuat dari Kayu

3. Sifat Benda yang Terbuat dari Kertas

Kertas memiliki kelebihan daripada bahan lain, yaitu lebih ringan. Namun benda yang terbuat dari kertas memiliki kelemahan, antara lain, mudah robek, rusak, kotor, terbakar, dan basah. Bahan baku kertas berasal dari kayu. Melalui proses dan campuran bahan-bahan tertentu, kertas akhirnya dapat dihasilkan.

4. Sifat Benda yang Terbuat dari Plastik

Benda yang terbuat dari plastik biasanya bersifat ringan, tembus pandang, tidak tembus air, dan tahan lama. Banyak peralatan rumah tangga terbuat dari plastik. Namun, plastik mudah terbakar dan tidak tahan panas. Plastik terbuat dari apa? Umumnya, plastik terbuat dari sisa-sisa olahan minyak bumi.

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 6 Sifat-Sifat Benda yang Terbuat dari Beberapa Macam Bahan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel