Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Cara Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Telah diketahui bahwa sumber daya alam ada dua, yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kedua macam sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan manusia. Namun, penggunaannya harus bijaksana. Hal ini disebabkan sumber daya alam, khususnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam, jumlahnya sangat terbatas. Bila telah habis, maka sumber daya alam ini tidak dapat terbentuk lagi dalam waktu yang relatif singkat.

Tumbuhan, hewan, dan air adalah contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Meskipun termasuk sumber daya alam yang dapat diper- barui, jika kita tidak bijaksana dalam memanfaatkannya, maka kelestarian sumber daya alam ini dapat terganggu. Bukan tidak mungkin pada suatu saat, sumber daya alam tersebut menjadi langka bahkan punah. Untuk itu, selain memanfaatkannya kita juga harus melakukan tindakan-tindakan pelestarian.

1. Pemanfaatan Tumbuhan

Tumbuhan adalah sumber daya alam nabati yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Banyak manfaat yang diperoleh manusia dari tumbuhan, antara lain, berupa makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, dan obat-obatan. Coba cari kegunaan tumbuhan yang lain!

Tumbuhan sebagai sumber daya alam nabati dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tumbuhan pangan, tumbuhan perdagangan, dan tumbuhan hasil hutan. Apakah perbedaan ketiga jenis tumbuhan tersebut? Perhatikan uraian berikut!

a. Tumbuhan Pangan

Tumbuhan pangan menghasilkan bahan makanan. Contoh tumbuhan pangan, antara lain, padi, ketela pohon, jagung, kacang, sayuran, gandum, dan ubi. Pernahkah kamu makan bahan makanan yang berasal dari beberapa contoh tumbuhan tersebut?

b. Tumbuhan Perdagangan

Tumbuhan perdagangan sengaja dibudidayakan untuk kepentingan perdagangan. Tumbuhan ini biasanya ditanam pada kawasan yang luas. Contoh tumbuhan tersebut, antara lain, kelapa, teh, cengkih, kelapa sawit, kopi, cokelat, tembakau, dan karet. Dapatkah kamu menunjukkan contoh-contoh lainnya?

c. Tumbuhan Hasil Hutan

Tumbuhan di hutan banyak dimanfaatkan untuk membuat rumah dan perabotan rumah tangga. Hasil hutan tersebut sebagian besar berupa kayu. Sebagian lainnya berupa rotan dan damar. Coba cari contoh-contoh hasil hutan lain!

Tumbuhan Hasil Hutan
Tumbuhan Hasil Hutan


2. Pemanfaatan Hewan

Hewan termasuk salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dengan kemampuannya berkembang biak, hewan dapat menghasilkan keturunan baru dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sumber daya alam hewani tersebut meliputi peternakan dan perikanan. Apa yang dimaksud dengan peternakan dan perikanan? Apa perbedaannya? Pernahkah kamu memelihara ayam atau hewan ternak lainnya? Untuk apa hewan-hewan tersebut dipelihara? Coba tanyakan masalah ini kepada guru atau orang tuamu!

Selain peternakan dan perikanan, hewan-hewan lain yang hidup di tempat liar juga termasuk sumber daya alam hewani. Contoh hewan-hewan tersebut, antara lain, harimau, gajah, buaya, berbagai jenis burung, ular, penyu, kadal, dan berbagai jenis serangga. Kita tidak boleh mengusik keberadaan hewan-hewan liar tersebut apalagi memburunya karena dapat merusak kelestariannya.

3. Pemanfaatan Air

Air merupakan sumber daya alam yang paling banyak tersedia di alam. Air terdapat di mana-mana. Di danau, di laut, di sungai, bahkan di dalam tanah. Apa manfaat air bagi manusia? Air bagi manusia selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga bermanfaat dalam bidang-bidang sebagai berikut.

a. Perikanan

Danau, sungai, rawa, dan laut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perikanan. Kegiatan perikanan ini umumnya dilakukan oleh masyarakat dengan cara membuat kolam ikan, tambak, atau karamba. Selain ikan, hewan-hewan apa sajakah yang biasanya dipelihara dalam kegiatan perikanan?

b. Pertanian

Air digunakan untuk irigasi atau pengairan pada lahan-lahan pertanian. Irigasi dapat membuat tanah menjadi subur.

c. Objek Wisata

Wisata air sangat digemari oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Contoh tempat wisata air tersebut, antara lain, Ancol, Pantai Parangtritis, Pantai Kuta, Danau Toba, Waduk Gajah Mungkur, Telaga Warna, dan Taman Laut. Dapatkah kalian menyebutkan contoh yang lain?

d. Pembangkit Tenaga Listrik

Air dapat dimanfaatkan untuk membuat pembangkit tenaga listrik. Air yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik adalah air yang memiliki tekanan besar atau memiliki tenaga besar. Air yang memiliki tenaga besar biasanya berwujud aliran deras yang umumnya terdapat pada air terjun dan waduk. Adakah air terjun atau waduk di daerahmu?

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Cara Memanfaatkan Sumber Daya Alam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel