Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini disebabkan jenis sumber daya alam tersebut mempunyai kemampuan berkembang biak atau mengalami daur ulang. Misalnya, tumbuhan, hewan, dan air. Meskipun dapat diperbarui, kita harus selalu mengelola sumber daya alam tersebut dengan sebaik- baiknya agar kelestariannya tetap terjaga. Salah satu tindakan yang diperlukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan adalah mempercepat perkembangbiakan tumbuhan. Cara tersebut dapat berupa pencangkokan, penyetekan, penanaman biji, kultur jaringan, dan sebagainya.

Mutu atau kualitas tumbuhan juga perlu ditingkatkan. Peningkatan mutu tumbuhan dapat dilakukan dengan cara penyerbukan silang, yaitu mempertemukan putik dan serbuk sari dari dua tanaman yang sejenis bahkan kadang-kadang berbeda jenis (penyerbukan bastar). Perhatikan contoh proses perkembangbiakan suatu tumbuhan pada gambar berikut!

Proses Perkembangbiakan
Proses Perkembangbiakan

Kelestarian hewan juga perlu dijaga. Tindakantindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan, antara lain, tidak berburu hewan, memelihara hewan dengan baik, mempercepat perkembangbiakan hewan, dan mengadakan perkawinan silang.

Air tidak berkembang biak, tetapi dapat mengalami pendauran. Daur air disebut juga siklus air. Di dalam siklus tersebut, air menguap dan mengumpul menjadi awan. Setelah terkumpul dalam jumlah besar, awan tersebut lalu mengembun dan turun menjadi hujan.

Sebagian air hujan yang turun di daratan, baik di pegunungan, hutan-hutan, atau pemukiman penduduk akan meresap ke dalam tanah sehingga menambah persediaan air yang sebelumnya telah berada di dalam tanah. Air ini akan mengalir ke laut melalui sungai di bawah tanah. Air inilah yang mengisi sumur-sumur yang dibuat manusia di daerah pemukiman.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar siklus air di bawah ini!

  Siklus Air
Siklus Air

Dapatkah kamu menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada gambar di atas? Coba diskusikan masalah ini dengan teman-teman dan gurumu!

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, batu bara, gas alam, logam, dan barang-barang tambang lainnya. Minyak bumi terbentuk dari hewan-hewan laut yang telah mati dan terkubur di dasar laut jutaan tahun yang lalu. Hewan-hewan yang telahmati tersebut tertutup lumpur dan pasir. Lama kelamaan dengan adanya proses alam dan jangka waktu yang sama, hewan yang telah terkubur berubah menjadi minyak bumi.

Minyak bumi dapat diolah menjadi bahan bakar, seperti bensin, solar, minyak tanah, dan kerosin. Sisa olahan minyak bumi dapat dimanfaatkan untuk membuat aspal, oli, plastik, lilin (parafin), dan sebagainya. Sementara itu, batu bara terbentuk dari bagianbagian tumbuhan yang telah mati dan terkubur jutaan tahun yang lalu. Lama kelamaan dengan adanya proses alam dan jangka waktu yang lama, tumbuhan yang telah terkubur tersebut berubah menjadi batu bara.

Batu bara dapat digunakan, antara lain, sebagai bahan bakar dan bahan untuk membuat benzol. Tahukah kamu apakah yang disebut benzol? Pada saat ini, makin sedikit orang yang masih bersedia menggunakan bahan bakar yang berasal dari batu bara. Mereka lebih suka menggunakan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor itu, antara lain, batu bara lebih sulit diperoleh, tingkat polusi yang ditimbulkan batu bara lebih tinggi daripada minyak bumi, dan mesin-mesin yang telah dibuat sebagian besar berbahan bakar minyak bumi.

Barang-barang tambang selain digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai barang keperluan hidup. Beberapa contohnya, antara lain, besi digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga, timah digunakan untuk membuat benda-benda kerajinan tangan, dan aluminium digunakan untuk membuat peralatan dapur, dan sebagainya.

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 13 Jenis-Jenis Sumber Daya Alam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel