Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 12 Pengaruh Kondisi Cuaca terhadap Kegiatan Manusia

Cuaca sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Perbedaan cuaca dapat menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia yang tinggal di daerah pegunungan, daerah pantai, dan daerah dataran rendah. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, perhatikan uraian berikut!

1. Kehidupan di Daerah Pegunungan

Penduduk yang hidup di daerah pegunungan biasanya membuat rumah-rumah yang beratap rendah. Mata pencaharian mereka adalah bertani, beternak, dan berkebun. Pakaian yang dikenakan biasanya tebal-tebal. Pakaian ini berguna untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin.

Daerah Pegunungan
Daerah Pegunungan

2. Kehidupan di Daerah Pantai

Penduduk yang tinggal di daerah pantai biasanya membuat rumah-rumah yang beratap tinggi. Mata pencaharian mereka berhubungan dengan laut, seperti menangkap ikan, membuat tambak, petani garam, dan industri pengolahan ikan laut. Pakaian yang dikenakan penduduk pantai biasanya tipis karena cuaca di daerah pantai umumnya sangat panas.

3. Kehidupan di Daerah Dataran Rendah

Di daerah dataran rendah kadang-kadang dijumpai sungai yang berkelok-kelok. Mata pencaharian penduduknya, antara lain bertani, beternak, dan berkebun. Sementara itu, di kawasan perkotaan banyak kita jumpai industri-industri maju. Penduduk yang hidup di dataran rendah lebih senang mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. Keadaan ini disebabkan cuaca di daerah dataran rendah umumnya tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Termasuk di daerah manakah tempat tinggalmu? Samakah keadaannya dengan uraian di atas?

Kegiatan Manusia pada Siang dan Sore Hari Lakukan pengamatan terhadap kegiatan manusia pada saat siang dan sore hari. Pengamatan itu meliputi pakaian yang dikenakan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta pekerjaan yang dilakukan. Tulis hasil pengamatanmu pada buku tugas lalu diskusikan dengan teman-teman dan gurumu!

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 12 Pengaruh Kondisi Cuaca terhadap Kegiatan Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel