Materi IPA Kelas 3 Bab 1 Pemeliharaan Tumbuhan

Tumbuhan harus dipelihara dengan baik. Mengapa demikian? Agar tumbuhan dapat tumbuh subur. Pemeliharaan tumbuhan meliputi beberapa faktor, antara lain, pengairan, pemupukan, pemberantasan hama, dan penyiangan.

1. Pengairan

Air sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Pengairan atau penyiraman tanaman harus dilakukan dengan teratur agar tanaman dapat tumbuh subur dan tidak layu. Jumlah air yang digunakan untuk menyiram tumbuhan juga harus diperhatikan. Ada tumbuhan yang memerlukan banyak air, namun ada pula yang memerlukan sedikit air.

2. Pemupukan

Tumbuhan memerlukan pupuk yang berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk alami dan pupuk buatan. Pupuk alami berasal dari alam dan tersedia dalam bentuk sisa-sisa bahan organik. Misalnya, pupuk kandang dan humus. Sementara itu, pupuk buatan diproduksi di pabrik-pabrik. Misalnya, pupuk TSP, ZA, dan Urea.

3. Pemberantasan Hama

Hama adalah makhluk hidup perusak tumbuhan yang dapat menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Serangan hama bisa mengakibatkan berkurangnya hasil panen yang kita tanam. Hama yang merusak tumbuhan dapat berupa tikus, tupai, babi hutan, beberapa jenis serangga tertentu, siput, codot (kelelawar kecil), burung pipit, burung gelatik, dan sebagainya.  Tikus dan serangga tertentu merusak tumbuhan padi. Tupai adalah hama perusak di kebun kelapa. Codot adalah hama yang suka makan buah pada saat malam hari.

Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan cara memusnahkan tumbuhan yang terkena hama, membasminya dengan obat antihama (pestisida), atau melepaskan hewan predator. Hewan predator adalah hewan tertentu yang memangsa hama tertentu. Contohnya, burung hantu yang memangsa tikus. Cara alami ini paling sedikit efek buruknya.

4. Penyiangan

Penyiangan atau pemberantasan tumbuhan liar (gulma) dilakukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan yang ada di sekelilingnya. Gulma yang sering tumbuh biasanya berupa rumput, semak, alangalang, dan sebagainya.

0 Response to "Materi IPA Kelas 3 Bab 1 Pemeliharaan Tumbuhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel