Materi IPA Kelas 3 Bab 1 Akibat yang Terjadi Bila Kebutuhan Makhluk Hidup Tidak Terpenuhi

Udara, air, sinar matahari, makanan, dan tempat tinggal merupakan contoh-contoh kebutuhan makhluk hidup. Apa yang terjadi bila kebutuhan makhluk hidup tidak terpenuhi? Untuk mengetahuinya, perhatikan uraian berikut!

1. Udara

Di dalam udara terkandung bermacam-macam gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Gas-gas tersebut, antara lain oksigen, karbondioksida, dan nitrogen. Apa yang terjadi bila kebutuhan udara bagi makhluk hidup di bumi tidak terpenuhi? Apabila kebutuhan udara tidak terpenuhi, maka semua makhluk hidup tidak dapat bernapas dan akan mati. Akhirnya, semua kehidupan di bumi akan musnah.

2. Air

Apa yang terjadi bila kebutuhan air untuk makhluk hidup tidak terpenuhi? Tanpa air, tumbuhan akan layu, bahkan mati. Air juga dibutuhkan hewan untuk kelangsungan hidupnya. Hewan membutuhkan air untuk minum atau sekaligus sebagai tempat hidupnya (khususnya hewan air). Bila kekurangan air, hewan akan lemas, bahkan mati. Bagi manusia, air dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, yaitu untuk minum, memasak, dan mandi. Jadi, semua makhluk hidup tidak akan dapat hidup tanpa air.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi semua makhluk hidup di bumi. Keberadaan sinar matahari menjadikan bumi kita hangat dan terang benderang. Bagaimana menurutmu bila kebutuhan sinar matahari tidak terpenuhi? Tumbuhan hijau akan mati karena tidak memperoleh energi. Manusia dan hewan juga tidak akan memperoleh energi. Kehidupan di bumi akan musnah karena semuanya mati dan membeku.

4. Makanan (Nutrisi)

Makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Energi tersebut digunakan untuk beraktivitas, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pertumbuhan, serta untuk mengatur proses dalam tubuh. Apa yang terjadi bila kebutuhan makanan untuk tubuhmu tidak terpenuhi? Bila kita tidak makan atau kebutuhan makan kita tidak terpenuhi, maka badan akan terasa lemas. Jika terjadi secara terus-menerus, maka pertumbuhan badan kita akan terganggu.

0 Response to "Materi IPA Kelas 3 Bab 1 Akibat yang Terjadi Bila Kebutuhan Makhluk Hidup Tidak Terpenuhi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel