Perkembangan Kognitif Menurut Piaget

Jean Piaget mmerupakan salah seorang tokoh psikologi yang sangat terkenal dia lahir di negara Swiss, Piaget berjasa menemukan model yang mendeskripsikan bagaimana manusia bertindak untuk memaknai dunianya dengan mengumpulkan dan mengorganisasi informasi. Ide-ide Jean Piaget tentang perkembangan pikiran banyak mempengaruhi teori-teori perkembangan kontemporer.

Ide-Ide Dasar Teori Piaget

Melalui serangkaian wawancara dan pengamatan yang saksama terhadap anaknya dalam situasi pemecahan masalah, Jean Piaget menemukan beberapa konsep dan prinsip tentang sifat-sifat perkembangan kognitif anak yaitu

1. Anak adalah pembelajaran yang aktif. Maksudnya Piaget meyakini bahwa anak tidak hanya mengobservasi dan mengingat apa-apa yang mereka liat dan dengar secara pasif.

2. Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui proses asimilasi dan akomodasi. Dalam menggunakan dan mengadaptasi skema mereka, ada dua proses yang bertanggung jawab yaitu assimilation dan accomodation. Asimilasi terjadi ketika seseorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada, yakni mengasimilasikan lingkungan ke dalam suatu skema. Akomodasi terjadi ketika anak menyesuaikan diri pada informasi baru yakni anak menyesuaikan skema mereka dengan lingkungannya

3. Proses ekuibilitas menunjukkan adanya ppeningkatan ke arah bentuk-bentuk pemikiran yang kompleks. Menurut pPiaget melalui kedua proses penyesuaian asimilasi dan akomodasi sistem kognitif seseorang berkembang dari satu tahap ke tahap selanjutnya, sehingga kadang-kadang mencapai keadaan equilibrium, yakni keadaan seimbang antara struktur kognisinya dan pengalamannya di lingkungan.

4. Anak mengorganisasi apa yang mereka pelajari dari pengalamannya. Anak-anak tidak hhanya mengumpulkan apa-apa yang mereka pelajari dari fakta-fakta yang terpisah menjadi suatu kesatuan. Sebaliknya anak secara gradual membangun ssuatu pandangan menyeluruh tentang bagaimana dunia bergerak. Misalnya dengan mmengamati bahwa makanan, mainan atau obyek-obyek lain yang selalu jatuh ketika mereka lepaskan, anak mulai membangun pemahaman awal tentang gravitasi.

0 Response to "Perkembangan Kognitif Menurut Piaget"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel