Mengenal Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif

Ayo, perhatikan firman Allah di bawah ini!
Artinya : “Dan mereka berkata: "Mengapa Al-Qur'an ini tidak diturunkan kepada seorang besar dari salah satu dua negeri (Mekah dan Thaif) ini?.” (Qs. Az- Zuhruf:31)

Kota Thaif merupakan salah satu kota yang diistimewakan oleh Allah Swt. Ayat diatas menerangkan bahwa Kota Thaif dianggap setara kedudukannya dengan Kota Mekah.

Kapan Nabi Muhammad Saw. melaksanakan hijrah ke Thaif?
Menurut Thabaqat Ibnu Sa’ad, peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif terjadi pada Bulan Syawal tahun kesepuluh kenabian.

Siapakah yang menemani Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif?
Nabi Muhammad Saw. pergi ke Thaif ditemani oleh Zaid bin Harisah.

Apa tujuan Nabi Muhammad Saw. pergi ke Thaif?
Nabi Muhammad pergi ke Thaif dengan tujuan untuk mencari bantuan keluarganya yang ada di Thaif, yaitu Kinanah yang bergelar Abu Jalil, dan Mas’ud yang bergelar Abu Kuhal, serta Habib.

Setelah tiba di Thaif, Nabi Muhammad Saw. menuju ke rumah para pemuka Bani Tsaqif yang merupakan orang berkuasa di daerah tersebut. Kemudian Nabi Muhammad Saw. menyampaikan tentang Islam dan mengajak mereka agar beriman kepada Allah.

Bagaimana tanggapan penduduk Thaif terhadap maksud kedatangan Nabi Muhammad Saw.?
Mereka menolak secara mentah-mentah dan menjawab dengan kasar. Nabi Muhammad Saw. bangkit dan meninggalkan mereka. Nabi berharap agar berita kedatangannya tidak diketahui kaum Quraisy, tetapi mereka menolak. Mereka justru mengerahkan kaum penjahat serta para budak untuk menyerang dan melempari Nabi dengan batu. Hal ini mengakibatkan cidera pada kedua kaki Nabi Muhammad Saw. Zaid bin Haritsah pun berusaha keras melindungi beliau, tetapi ia sendiri terluka.

Mengapa penduduk Thaif menolak ajakan Nabi Muhammad Saw.?
Ternyata Penduduk Thaif sudah dihasut oleh Abu Jahal untuk tidak mempercayai Nabi Muhammad Saw. Kemudian Nabi Muhammad Saw. meninggalkan Thaif untuk menghindari kejaran penduduk dengan kondisi pakaian yang berlumuran darah dan penuh luka. Dengan demikian hijrah ke Thaif yang bertujuan untuk mendapat bala bantuan dari saudara Nabi dapat dikatakan tidak berhasil.

Kegiatan
1. Ayo, tuliskan kembali bagaimana perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif di buku tugasmu!
2. Ayo, ceritakan di depan kelas hasil dari tulisanmu!

Aku Bisa
Aku harus dapat meneladani sifat Zaid bin Haritsah yang selalu setia mendampingi Nabi Muhammad Saw.

Hati-Hati
Dari Hudzaifah ra. : Rasulullah Saw bersabda, “Tidak dapat masuk surga, orang-orang yang menyiar-nyiarkan berita untuk mengacau (merusuh).”

Hikmah
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Al Anfaal : 60,65)

0 Response to "Mengenal Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel