Materi B.Indonesia Kelas 3 SD/MI Pelajaran 5 Mendengarkan Petunjuk Membuat Mainan

A. Mendengarkan Petunjuk Membuat Mainan

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi berikut ini, kamu diharapkan dapat mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan atau membuat mainan berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

1. Cara Membuat Mainan

Salah satu alat untuk berkomunikasi adalah telepon. Apakah di rumahmu sudah terpasang jaringan telepon dan tersedia pesawat telepon? Atau, apakah kamu dan teman-temanmu sudah ada yang memiliki telepon genggam?

Kini, mari bersama-sama membuat telepon-teleponan. Hasilnya dapat kamu gunakan untuk bermain bersama temanmu. Untuk itu, ikutilah petunjuk-petunjuk di bawah ini.

a. Siapkan alat dan bahan yang terdiri atas dua buah kaleng susu bekas, cat, dan sebagainya. Siapkan pula benang, lidi, paku, dan pisau atau tang.

b. Bukalah salah satu permukaan kaleng dan rapikan.

c. Berilah lubang kecil permukaan kaleng yang masih utuh.

d. Ambillah benang sepanjang yang kamu inginkan dan lidi sepanjang kurang lebih lima sentimeter. Ikatkan benang pada lidi secara berulang-ulang agar kuat.

e. Masukkan lidi ke lubang pada kaleng dan keluarkan ujung benang yang tidak terikat lidi lewat lubang sehingga tertarik keluar.

f. Masukkan ujung benang tadi ke kaleng yang lain, kemudian ikat pula dengan lidi.

Bermain telepon-teleponan dari Kaleng
Bermain telepon-teleponan dari Kaleng
g. Ajaklah temanmu untuk berbicara. Caranya, suruhlah temanmu menarik sepanjang benang telepon-teleponan tersebut. Tempelkan lubang telepon ke mulutmu dan suruh temanmu untuk menempelkan lubang telepon satunya ke telinganya. Bicaralah kepada temanmu tentang apa saja. Dapatkah temanmu mendengarkan dengan jelas? Lakukan secara bergantian!

2. Menjelaskan Cara Membuat Mainan Telepon-Teleponan

Setelah dapat membuat mainan telepon-teleponan, dapatkah kamu menjelaskan cara membuat mainan tersebut? Coba sekarang, jelaskan dengan bahasamu sendiri cara membuat mainan tersebut! Lakukan secara lisan dan bergantian dengan temanmu satu meja!

0 Response to "Materi B.Indonesia Kelas 3 SD/MI Pelajaran 5 Mendengarkan Petunjuk Membuat Mainan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel