Materi Pelajran IPA Kelas 3 Bab 4 Sifat-Sifat Benda

Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda yang lainnya. Misalnya, sifat meja berbeda dengan sifat cermin, sifat kain berbeda dengan sifat plastik, dan sebagainya. Coba raba dan pegang contoh-contoh benda tersebut! Dapatkah kamu merasakan perbedaannya?

Dengan melihat, meraba, atau memegang suatu benda, kita akan dapat mengetahui sifat-sifat suatu benda. Sifat-sifat suatu benda, antara lain, ada yang halus, kasar, lunak, basah, bahkan ada benda yang bercahaya.

Contoh benda yang kasar, antara lain, batu, pasir, dan kulit pohon. Contoh benda yang lunak, antara lain, pisang, lilin, dan roti. Contoh benda yang basah, antara lain, air, es batu, dan semangka yang telah dikupas. Contoh benda yang bercahaya, antara lain, api, matahari, dan lampu listrik yang sedang menyala. Contoh benda yang memiliki permukaan halus, antara lain, kapas, bulu, kain, dan kaca. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita. Coba kamu sebutkan sifat-sifat lain tersebut beserta contohnya masing-masing!

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, benda terdiri dari tiga wujud, yaitu benda padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud benda memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat dilihat, di antaranya dari bentuk dan isinya.

Sifat-Sifat Benda
Sifat-Sifat Benda

Meja dan batu pada gambar di atas termasuk benda padat. Air yang terdapat di dalam gelas termasuk benda cair, sedangkan udara di dalam balon karet termasuk benda gas.

1. Sifat-Sifat Benda Padat

Meja dan batu termasuk benda padat. Mengapa demikian? Coba cocokkan sifat meja dan batu dengan sifat benda padat berikut ini!

a. Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, bentuknya tidak akan berubah.

b. Besar benda padat selalu tetap. Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu tetap.

Selain meja dan batu, penggaris juga termasuk benda padat. Mungkin kamu dapat mencari contoh benda padat lainnya.

2. Sifat-Sifat Benda Cair

gambar benda cair

Gambar-gambar di atas adalah gambar air yang ditempatkan di dalam botol, di dalam ember, di dalam gelas, di dalam piring, dan di dalam kaleng. Air termasuk benda cair. Bagaimanakah bentuk air yang terdapat di dalam botol? Bagaimanakah bentuk air yang terdapat di dalam gelas? Bentuk air tersebut berubah sesuai dengan bentuk wadahnya.

Benda cair memiliki sifat-sifat, sebagai berikut.

a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya. Artinya, jika air dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya akan seperti botol. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya akan seperti gelas. Demikian seterusnya.

b. Volumenya selalu tetap. Misalnya, air di dalam gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan ke dalam botol, maka volume air di dalam botol masih tetap 50 ml.

Selain air, contoh benda cair yang lain adalah kecap, sirup, alkohol, dan minyak. Coba sebutkan contoh-contoh yang lain. Untuk membuktikan sifatsifat benda cair tersebut, lakukan kegiatan berikut!

Sifat-Sifat Benda Cair

Berhati-hatilah saat menggunakan alat yang terbuat dari kaca!

a. Alat dan Bahan
1) Gelas
2) Botol
3) Baskom
4) Air

b. Cara Kerja
1) Isikan air ke dalam gelas dan amatilah bentuknya!
2) Pindahkan air tersebut ke dalam botol! Amatilah bentuknya!
3) Pindahkan air tersebut ke dalam baskom! Bagaimanakah bentuk airnya?
4) Kembalikan air itu ke dalam gelas, berubahkah volumenya?
5) Coba lakukan lagi kegiatan di atas dengan menggunakan benda cair yang lain, seperti minyak atau sirup!
6) Apakah yang dapat kamu simpulkan? Tulis di buku tugasmu!

3. Sifat-Sifat Benda Gas

Udara termasuk benda gas. Di dalam paru-paru kita terdapat udara. Bila kita hembuskan udara ke dalam sebuah balon karet, maka balon akan menggelembung besar. Mengapa balon dapat menggelembung setelah kita tiup? Karena udara dari paru-paru tersebut mengisi seluruh ruangan balon. Udara di dalam pompa, bentuknya seperti pompa dan volumenya sebesar volume pompa. Bila udara di dalam pompa kita pompakan ke dalam ban sepeda, maka udara tersebut akan berubah bentuk seperti ban sepeda.

Udara di dalam botol, bentuknya seperti botol dan volumenya sebesar volume botol. Bila air kita masukkan ke dalam botol, maka udara yang berada di dalamnya akan terdesak keluar dan bergabung dengan udara sekitar. Berbentuk seperti apakah udara di dalam kamar tidur kita, di dalam bola sepak, di dalam perahu karet, atau di dalam benda-benda yang lain?

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa udara atau benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut.

1) Bentuk benda gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol.

2) Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.



Beberapa hal yang berhubungan dengan benda gas mungkin dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain, sebagai berikut:

1) Jika kakakmu memakai minyak wangi, maka harum minyak wangi tersebut akan tercium di seluruh ruangan kamar, bahkan bisa sampai ke ruangan lain.

2) Sewaktu Ibu menggoreng ikan asin di dapur, kamu yang kebetulan berdiri di luar dapur dapat mencium aroma sedap ikan asin tersebut.

3) Jika tabung gas dari kompor mengalami kebocoran, maka kamu akan mencium bau seperti bau durian, terutama di sekitar lokasi tabung.

Dapatkah kamu menemukan contoh-contoh yang lain? Contoh-contoh kejadian tersebut disebabkan oleh sifat benda gas yang memenuhi seluruh ruangan yang ditempatinya.


Klik Tautan DI bawah ini untuk melihat video sifat-sifat benda

SIFAT-SIFAT BENDA

0 Response to "Materi Pelajran IPA Kelas 3 Bab 4 Sifat-Sifat Benda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel