Materi IPS KLS 6 Bab 3 Benua Australia

Benua Australia merupakan sebuah benua sekaligus negara. Australia terletak di sebelah tenggara Indonesia. Negara ini merupakan negara maju yang berada sangat jauh dari Eropa dan Amerika. Australia secara fisik lebih dekat dengan Asia Tenggara. Australia terbentang antara 11° LS hingga ,44° LS dan 113° BT hingga 153° BT. Panjang dari barat ke timur sekitar 4000 km, sedangkan jarak utara selatan 3900 km. Luas benua Australia beserta beberapa pulau kecil sekitar 7,8juta km persegi. Iklim yang ada di Australia, bagian utara beriklim tropis, sedangkan Australia bagian tengah beriklim gurun.
Benua Australia
Benua Australia







Australia merupakan negara persemakmuran yang terdiri atas 6 negara bagian dan 2 teritorial. Negara-negara tersebut diantaranya Australia selatan, Australia barat, New South Wales, Tasmania, Victoria, Teritorial Australia Utara dan Teritorial ibu kota Australia.

Hingga tahun 1788, Australia dihuni oleh suku aborigin. Suku ini adalah penduduk asli Australia. Suku Aborigin termasuk ras Australoid,berambut kriting dan berkulit hitam. Orang Inggris yang pertama kali mengijinkan kaki  di Australia adalah James Cook. Kerajaan Inggris menggunakan Australia sebagai tempat pembangunan atau Penjahat Inggris pada tahun 1787. Selanjutnya orang Inggris berbondong-bondong ke Australia setelah mengetahui Australia kaya akan bahan tambang.

Sampai tahun 2004 , Australia berpenduduk sekitar 22 juta orang. Sebagian besar penduduk Australia merupakan keturunan Eropa. Lebih dari 90% penduduk Australia orang keturunan Inggris. Sekitar dua pertiga penduduknya tinggal di wilayah perkotaan. Perekonomian Australia mengandalkan pada sektor pertanian dan pertambangan. Sekitar 60% lahan pertanian berupa ladang gandum, yaitu seluas 8 juta hektar dengan hanya berpenduduk 22 juta orang, maka kebutuhan gandum berlebihan.

0 Response to "Materi IPS KLS 6 Bab 3 Benua Australia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel