Materi IPA Kelas 3 BAB 4 Membandingkan Sifat Beberapa Benda Cair

Kamu tentu masih ingat tentang pengertian dan sifat benda cair, bukan??berikut akan kita pelajari sifat-sifat dari benda cair seperti air, minyak, dan sirup. Meskipun ketiganya adalah benda cair, namun sifatnya berbeda-beda.

1. Air

Setiap hari kita memanfaatkan air. Air dimanfaatkan untuk keperluan minum, memasak, mencuci, menyiram tanaman, mandi, dan sebagainya. Dapatkah kamu membayangkan, jika kita hidup tanpa air.

Air mempunyai sifat antara lain, cair, tidak kental, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa.

2. Minyak

Dalam kehidupan sehari-hari kamu sering menjumpai minyak, bukan?? Minyak tersebut dapat berupa minyak tanah, minyak goreng, minyak wangi, dan minyak-minyak lainnya.

Berdasarkan asalnya, minyak dibagi menjadi tiga jenis, yaitu minyak bumi, minyak nabati, dan minyak hewani. Minyak bumi berasal dari bumi, minyak nabati berasal dari tumbuhan, dan minyak hewani berasal dari hewan.

Samakah minyak dengan air?? Minyak umumnya berbentuk cair. Akibatnya, minyak memiliki kedua ciri dari benda cair, yaitu bentuknya berubah sesuai dengan wadah yang ditempati dan volumenya tetap. Namun minyak berbeda dengan air. Dapatkah kamu menemukan perbedaannya??

Minyak yang satu dengan minyak lain juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi bau, warna, fungsi, berat kekentalan, dan sebagainya. Dapatkah kamu membayangkan perbedaan masing-masing minyak tersebut??

3. Sirup

Sirup termasuk benda cair karena bentuknya selalu berubah sesuai dengan bentuk wajahnya, sedangkan volumenya tetap. Meskipun begitu, sirup memiliki perbedaan bila dibandingkan dengan air ataupun minyak.

Sirup umumnya memiliki sifat, antara lain kental, berasa, berwarna dan dapat dilarutkan di dalam air. Dapatkah kamu menemukan perbedaan yang lain??

0 Response to "Materi IPA Kelas 3 BAB 4 Membandingkan Sifat Beberapa Benda Cair"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel