Materi Al Mizan Aqidah Akhlak Kls 2 Kalimat Thayyibah Hamdalah

Pengertian kalimat Thayyibah

Kalimat Thayyibah adalah kalimat-kalimat yang baik untuk di ucapkan. Dengan mengucapkan kalimat Thayyibah, maka kita yakin allah swt ada dan kita akan senantiasa mengingat akan allah swt dan nikmat-nikmat yang telah allah swt berikan kepada makhluk-nya.

Diantara kalimat-kalimat Thayyibah tersebut adalah hamdalah. Hamdalah bunyinya alhamdulillah yang artinya segala puji bagi allah. Kalimat alhamdulillah disebut dengan bacaan tahmid. Kita harus hafal dan selalu membiasakan membaca kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan alhamdulillah ini diucapkan ketika

1. Mendapatkan nikmat dari allah
2. Selesai mengerjakan sesuatu
3. Selesai makan, minum dan bersin
4. Mendengar atau melihat hal-hal yang menyengkan

Setiap muslim wajib mensyukuri nikmat allah swt yang telah allah berikan kepada kita sebagai bentuk rasa syukur kepada allah swt. Hal ini ada dalam Q.S iIbrahim


Mensyukuri nikmat allah swt berarti berterima kasih kepada allah. Selain mengucapkan alhamdulillah, kita juga harus menunjukkan dengan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari, berapa perilaku atau sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati.

Anak islam harus mengucapkan alhamdulillah jika memperoleh kenikmatan dan kelebihan harta. Dengan mengingat nikmat allah, maka kita akan terhindar dari sifat sombong. Kita semua mendapatkan nikmat karena kemurahan dan kasih sayang allah kepada setiap makhluk Nya.

Manusia adalah makhluk yang lemah karena memiliki keterbatasan sehingga tidak sepantasnya untuk bersikap sombong dihadapan orang banyak atau bahkan dihadapan allah swt. Karena pada hakikatnya semua nikmat yang kita dapatkan atas kemurahan da karunia dari allah swt.

Membiasakan diri mengucapkan alhamdulillah

Anak sholeh yang dirahmati allah swt. Mensyukuri nikmat allah berarti berterima kasih kepada allah. Allah adalah dzat yang memiliki segala pujian allah maha pengasih dan penyayang, allah maha besar, maha bijaksana, dan maha mengetahui.

Manusia adalah makhluk yang penuh dengan kekurangan jika kita merasa paling pandai, paling cantik, paling ganteng, paling kaya, paling hebat, maka hal tersebut tidak ada apa-apanya karena semua itu adalah titipan dari allah yang akan mudah allah cabut seandainya allah berkehendak, maka dari itu kita tidak boleh sombong. Dengan kepintaran, kekayaan, kemewahan yang kita mili. Semua itu adalah atas kemurahan yang telah allah berikan.

Hikmah mengucapkan alhamdulillah

Beberapa hikmah mengucapkan kalimat hamdalah diantaranya

1. Terhindar dari sifat sombong
2. Mendekatkan diri kepada allah
3. Bersyukur dengan apa yang telah dimilikinya
4. Mendapatkan pahala dari allah swt

0 Response to "Materi Al Mizan Aqidah Akhlak Kls 2 Kalimat Thayyibah Hamdalah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel