Ciri-Ciri Rinci Pembelajaran Tematik

1. Pembelajaran Tematik Berpusat Pada Peserta Didik

Maksudnya yaitu hal ini sesuai dengan pendekatan belajar modern yang lebih banyak menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar, sedangkan guru lebih banyak berpera sebagai fasilitator atau tutor yaitu meberikan kemudahan-kemudahan kepada para peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar agar mereka bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal

2. Pembelajaran Tematik Dapat Memberikan Pengalaman Langsung

Maksudnya yaitu dengan pengalaman langsung ini, peserta didik diharapkan pada sesuatu yang nyata ( konkret ) dengan melihat sendiri, merasakan sendiri, mengobservasi sendiri, sebagai dasar untuk memahami hal-hal baru yang lebih abstrak

3. Pembelajaran Tematik Bersifat Fleksibel

Maksudnya yaitu guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, dalam rangka membahas tema pembelajaran. Bahkan guru bisa mengaitkannya dengan kehidupan peserta didik dan keadaan lingkungan setempat di mana sekolah dan peserta didik berada

4. Pembelajaran Tematik Menyajikan Konsep Dari Berbagai Mata Pelajaran Dalam Suatu Proses Pembelajaran

Maksudnya yaitu peserta didik mampu memahami konsep-konsepyang diajarkan secara utuh. Hal ini diperlukan untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalah-masalah yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari, seperti persoalan yang relative kompleks

5. Pembelajaran Tematik Menggunakan Prinsip Belajar Sambil Bermain dan Menyenangkan

Maksudnya yaitu pembelajaran tematik memungkinkan peserta didik berada pada konteks belajar yang tidak terstruktur secara ketat, sehingga mereka bisa melakukan tugas-tugas dalam pembelajaran sambil melakukan interaksi social dan budaya yang ada di lingkungannya

6. Pembelajaran Tematik Merupakan Pemisahan Mata Pelajaran Yang Tidak Begitu Jelas

Maksudnya yaitu dalah hal ini bukan berarti mencampur aduk secara konsep. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan tema-tema yang paling dekat, relavan, dan berkaitan dengan kehidupan peserta didik saat ini dan di masa mendatang

7. Pembelajaran Tematik Merupakan Hasil Pembelajaran Dengan Minat dan Kebutuhan Peserta Didik

Maksudnya yaitu peserta didik bisa mendalami bahasan tertentu dalam sebuah tema sesuai dengan minat dan kebutuhannya tanpa harus mengganggu atau menghalangi minat dan kebutuhan peserta didik yang lainnya

0 Response to "Ciri-Ciri Rinci Pembelajaran Tematik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel