Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 2
Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 2
Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan bagaimana cara binatang berjalan. Mereka akan bermain di halaman rumah Udin. Akan tetapi, halaman rumah Udin masih kotor. Halaman rumah Udin perlu dibersihkan.
Ayo Mengamati
Amatilah halaman rumah Udin. Apakah kamu dapat menemukan benda-benda yang dapat membahayakan diri?
Udin: Teman-teman, halaman ini masih kotor. Yuk, kita bersihkan terlebih dahulu!
Beni: Betul. Masih banyak sampah yang berserakan. Ada juga kerikil dan batu yang berserakan. Benda ini dapat membahayakan diri.
Setelah dibersihkan. Halaman rumah terlihat bersih dan aman untuk bermain.
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman mulai bermain menirukan gerakan binatang berjalan. Permainan ini dapat dilakukan di darat atau di air. Misalnya, di kolam atau di sungai yang bersih di sekitarmu.
Menirukan gerakan binatang berjalan berguna untuk melatih otot-otot kaki agar tidak kaku. Bacalah petunjuk bermain menirukan gerakan binatang berjalan berikut dengan nyaring!
Aturan Bermain
Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air
Bermain “Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air” dilakukan secara berkelompok. Semakin banyak anak, akan semakin seru. Mengingat permainan ini dilakukan di air, setiap anak harus berhati-hati. Permainan ini juga harus dalam pengawasan guru atau orang dewasa. Awali dengan hom pim pa. Anak-anak yang menang, akan berdiri membentuk lingkaran. Anak yang kalah akan berada di tengah lingkaran.
Anak tersebut akan bernyanyi “ikuti ... ikuti ... aku ...” sambil anak menirukan gaya seekor binatang. Misalnya monyet berjalan. Anakanak yang lain menirukan berjalan keliling seperti monyet. Setelah berjalan keliling satu putaran, anak yang berada di tengah berteriak menyebutkan nama seorang teman.
Anak yang disebut namanya segera maju. Dia juga bernyanyi "ikuti ... ikuti ... aku ..." sambil memeragakan gerakan jalan seekor binatang. Binatang yang ditirukan tidak boleh sama. Begitu seterusnya. Jika anak yang ditunjuk tidak dapat menirukan gerakan binatang berjalan, anak tersebut akan kalah. Dia akan mendapat hukuman. Hukumannya menyanyi sambil menari.
Ayo Mencoba
Lakukan bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air secara berkelompok! Anak yang kalah harus sportif dan bersedia menerima hukuman permainan. Hukumannya menyanyi sambil menari.
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali gambar Udin dan temanteman ketika bermain. Udin dan teman-teman berbeda agama. Mereka selalu hidup rukun walaupun berbeda agama. Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keberagaman. Sikap mereka pantas untuk ditiru. Tahukah kamu contoh kegiatan bermain lainnya yang membutuhkan persatuan?
Ayo Berlatih
Tuliskan contoh kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan yang menunjukkan persatuan!
Nama Kegiatan Bermain
1.
2.
3.
4.
5.
Ayo Bercerita Sekarang, coba ceritakan salah satu kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan!
Perhatikan contoh berikut!
anak bermain bola |
Ayo Membaca
Menceritakan pengalaman juga dapat dilakukan secara tertulis.
Bacalah pengalaman Udin berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Bermain Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air
Aku, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air. Kami bermain di kolam renang di rumah Beni. Sebelum bermain, kami membersihkan kolam renang dari lumut terlebih dahulu. Kebersihan air kolam renang pun perlu diperhatikan. Kolam renang yang bersih, lebih aman dan nyaman digunakan untuk bermain.
Bermain menirukan gerakan binatang dimulai. Kami mulai bermain dengan hom pim pa. Teman-teman membentuk lingkaran. Beni yang pertama mendapat giliran berada di tengah lingkaran. Bermain menirukan gerakan binatang berjalan seru. Semua teman bermain dengan rukun. Anak yang mendapat giliran di tengah bermain dengan sportif. Sikap sportif dalam bermain akan membuat suasana menyenangkan.
Apa isi teks yang kamu baca di atas?
Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu penggunaan huruf kapital?
Huruf kapital dikatakan juga sebagai huruf besar. Perhatikan penggunaan huruf kapital pada kalimat-kalimat berikut!
Aku, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air.
Kata Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani selalu diawali dengan huruf kapital atau huruf besar. Setiap awal kata nama orang harus ditulis dengan huruf kapital.
Ayo Berdiskusi
Susunlah kata-kata berikut menjadi sebuah kalimat yang utuh!
Diskusikan bersama temanmu!
1. tong - sampah - udin - memegang
2. rumah - halaman - menyapu - siti
3. kerikil - dan - batu edo - mengumpulkan
4. sampah - mengumpulkan - lani
5. lidi - meli - sapu - memegang
Tuliskan kalimat yang kamu susun pada kolom berikut!
1. ...............................................................................
2. ...............................................................................
3. ...............................................................................
4. ...............................................................................
5. ...............................................................................
Sudah benarkah kalimat yang kamu susun?
Jika belum, perbaikilah kembali dengan benar!
Kegiatan bersama Orang Tua
Orang tua dalam membimbing anak menulis perlu memperhatikan penggunaan huruf kapital, terutama pada setiap awal kata nama orang.
0 Response to "Materi Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 2"
Post a Comment