Materi Tematik Kelas 1 Tema 1 Peristiwa Siang dan Malam

Pembelajaran 1


Ayo Membaca

Hari ini, rina dan teman-temanya berjalan-jalan ke pesawahan.
Pemandangannya sangat indah
Udara sangat sejuk
Angin bertiup sepoi-sepoi. Mentari pagi bersinar hangat. Saat hari mulai siang suasana menjadi panas. Matahari bersinar terik. Sore hari matahari berada di barat. Jika matahari sudah terbenam, tandanya sudah malam. Bintang dan bulan mulai tampak. Langit terlihat indah.

Ayo Bernyanyi 

Hari sudah sore. Sebentar lagi matahari akan tenggelam. Malam pun akan segera tiba. Bulan dan bintang akan terlihat pada malam hari.

Nyanyikan lagu berikut !

Ambilkan Bulan By
Ciptaan AT Mahmud

Ambilkan bulan bu
Ambilkan bulan bu
Yang slalu bersinar di langsing
Di langit bintang benderang
Cahyanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan bu
Untuk menerangi 
Tidurku yang lelap
Di Malam gelap

Ayo Berlatih

Kalian.sudah mengetahui peristiwa siang dan malam 
Bacalah teks tersebut dengan nyaring

Siang Hari
Siang hari cuaca sangat panas. Matahari bersinar terik. Langit tampak biru cerah. Anak-anak sekolah, orang-orang bekerja. Siang hari yang cerah, pemandangan sungguh indah.

Malam Hari
Siang hari telah berlalu. Matahari terbenam disebabkan barat. Malam hari telah tiba. Langit mulai gelap. Bintang bermunculan menghiasi langit. Langit tampak indah. Terlihat juga bulan besar menerangi bumi. Malam itu tampak cerah.

Ayo Menemukan Jawaban 

Tuliskan perbedaan peristiwa siang dan malam
.....................................
.....................................

Ayo Menulis

Ketika berjalan-jalan keperawahan, Rina membawa makanan. Ia berbagi makanan kepada taman-temannya. Berbagi makanan merupakan sifat terpuji. Kegiatan tersebut sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila. Bagaimana bunyi sila kelima Pancasila ?
Tuliskanlah pada buku tugasmu !

Sila kelima Pancasila dilambangkan dengan padi dan kapas. Padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan manusia meliputi sandang dan pangan. Sandang dan pangan merupakan syarat utama untuk mencapai kemakmuran.

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut dengan seksama
Materi Tematik Kelas 1 Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam Pembelajaran 1
Materi Tematik Kelas 1 Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam Pembelajaran 1

Gambar tersebut menunjukan lambang sila-sila Pancasila. Diskusikanlah dengan teman sebangku kalian mengenai lambang sila-sila Pancasila tersebut !

Kegiatan Di Rumah

Bagaimana bunyi sila kelima Pancasila ?
Sebutkan contoh pengalaman sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Tuliskanlah pada buku tugasmu


Pembelajaran 2

Ayo Amati

Amatilah gambar berikut dengan seksama !
Materi Tematik Kelas 1 Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam Pembelajaran 2
Bermain di pantai
Tina dan keluarganya berwisata ke pantai. Udara di pantai terasa sejuk saat pagi hari. Ditepi pantai banyak pohon kelapa. Ombak bergulung-gulung menambah indahnya pemandangan pantai. Jika hari mulai siang, udara terasa panas. Angin berhembus sepoi-sepoi. Rina mengajak kakaknya untuk bermain air di tepi pantai. Berenag dan bermain air di tepi pantai sangat menyenangkan.

Ayo Lakukan

Di pantai, Rina melihat banyak benda. Ia juga membawa beberapa benda ke pantai. Tuliskanlah nama benda yang di bawa ke pantai ! Setelah itu buatlah kalimat dengan menggunakan kata benda yang Malian temukan tersebut !
Kerjakan pada buku tugasmu !

Ayo Peragakan

Tina senang sekali bermain air di pantai. Ia bergandengan tangan dengan kakaknya. Kakaknya terendam hingga lutut. Jika ombak tinggi kaka memegang Rina dengan erat. Jika ombak tidak terlalu tinggi Rina merentangkan tangannya ke atas. Rina berani berdiri dalam air. Rina sangat senang.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring

Keindahan Pantai
Ratna dan keluarganya sangat menikmati pemandangan pantai. Pemandangan pantai tersebut sangat elok. Utara di pantai sejuk dan segar. Sinar matahari terasa hangat. Ombak bergulung-gulung berkejaran.

Ratna masih asik bermain air. Tak terasa siang telah bernyanyi sore. Sore hari suasana pantai terasa hangat. Ratna duduk bersama keluarganya di bawah pohon kelapa. Sambil menikmati matahari tenggelam. 

Ayo Menulis

Tuliskanlah kata-kata yang berhubungan dengan peristiwa siang hari pada bacaan tersebut.

Ayo Berlatih 

Salinlah kalimat berikut dengan huruf tebal bersaing

1. Suara di pantai sejuk dan segar

2. Sinar matahari terasa panas

3. Ombak bergung-gulung berkejaran

4. Ratna masih asik bermain air

5. Sore hari, suasana pantai terasa hangat

Kegiatan di Rumah

Ajaklah orang  tua kalian berkunjung ke kolam rendah ! 
Belajarlah berenang di kolam renang !
Kitalah bimbingan orang tua kalian !


Pembelajaran 3

Ayo Belajar
Bacalah teks berikut dengan nyaring

Bermain Engklek
Siang hari udara terasa menyengat. Ratna mengajak teman-temannya untuk bermain di taman. Di taman banyak pepohonan. Di taman udara terasa sejuk. Rina mengusulkan untuk bermain engklek. Teman-temannya pun setuju. Akhirnya mereka bermain engklek bersama-sama. Bermain engklek membuat tubuh sehat.

Ayo Belajar

Setelah bermain engklek, Rina dan teman-temannya bermain egrang. Permainan tersebut juga dilakukan di luar rumah. Egranng terbuat dari bambu. Rina dan teman-temannya sudah membawa egrang dari rumah. Egrang milik Rina lebih panjang daripada milik Yuli. Bagaimana cara mengukurnya ? 
Rina mengukut egranng dengan menggunakan mengenal tangan.
Panjang egrang Rina = 20 jengkal
Panjang egrang Yuli = 15 jengkal
Jadi egrang Rina lebih panjang daripada egrang Yuli. Jengkal dan depa merupakan satuan panjang tidak baku. Satuan panjang tidak baku lainnya yaitu pensil, pulpen, lidi, langkah kaki, dan korek api

Ayo Berdiskusi

Apakah kalian sudah Melakukan pengukuran dengan benar ? Pengukuran harus dilakukan dengan benar.
Dalam kehidupan sehari-hari harus berbuat baik dan adil kepada sesama. Sikap adil sesuai dengan sila kelima Pancasila

1. Tuliskan bunyi sila kelima Pancasila 

2. Apa lambang sila kelima Pancasila ?

3. Sebutkan perilaku yang sesuai dengan sila kelima Pancasila ?

Kegiatan di Rumah

Apakah Malian sudah menerapkan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari di rumah ?
Coba Sebutkan pengalaman sila kelima yang sudah kalian Lakukan !


Pembelajaran 4

Ayo belajar

Siang hari sangat panas. Rina mengajak teman-temannya untuk bermain. Mereka akan bermain di kolam renang. Jika kita akan belajar berenang, kita perlu mengenal lingkungan sekitar kolam. Kita perlu mengenal alat bantu berenang. Kita juga perlu melakukan pemanasan.

Ayo kita belajar berenang. Kita akan mulai dengan duduk di pinggir kolam renang. Kemudian masuk ke kolam yang dangkal. Lalu berlatih jongkok dan berdiri. Setelah itu berlatih pemanasan di air.

1. Duduk di pinggir kolam renang

Cara awal, yaitu duduk di pinggir kolam renang. Awali dengan duduk sambil bersila. Julurkan kaki ke kolam. Sentuhkan tangan ke lantai. Gerakan kaki ke dalam air

2. Masuk ke kolam yang dangkal

Setelah mengenal air, cobalah masuk ke dalam kolam. Pilihlah kolam yang dangkal. Duduklah di pinggir kolam. Julurkan kakimu ke kolam. Tutunkan perlahan kedua kakimu. Turunkan kaki sampai menyentuh dasar kolam. Berdirilah di kolam bagian pinggir. Mulailah bermain-main dengan air. Jika perlu, gunakanlah pelampung.

3. Permainan jongkok berdiri

Berikut cara permainan jongkok berdiri. Buatlah kelompok, setiap kelompok terdiri atas 7 anak. Setiap anak saling berpegangan tangan. Aba-aba bunyi peluait satu kali duduklah jongkok. Aba-aba bunyi peluit dua kali kembalilah berdiri

4. Permainan pernapasan di air berpasangan

Berikut cara melakukannya. 
Berdirilah berpasangan. Setelah mendengar aba-aba peluit bungkukukan badan. Bungkukukan badan sampai kepala di permukaan air. Kaki lurus dan mata terbuka, kemudian tahan selama tiga detik

Lakukanlah latihan-latihan tersebut bersama teman-temanmu

Ayo Bermain Musik

Setelah bermain, Rina dan teman-temannya bermain musik. Mereka bermain musik gelas. Rina sudah menyiapkan beberapa gelas. Ia menyusun gelas tersebut. Setelah itu, Rina mengisi gelas dengan air, jumlah air yang diisi berbeda tiap gelasnya. Amati gambar berikut

Pukul gelas yang diisi sedikit air menggunakan sendok. Setelah itu pukul gelas yang diisi air penuh. Bagaimana bunyi yang dihasilkan ? 
Berbeda atau sama ? 
Pukul gelas secara bergantian sehingga menghasilkan bunyi yang harmonis. Bunyi ada yang tinggi dan rendah. Bunyi yang tinggi terdengar melengking dan bunyi yang rendah terdengar berderum.

Ayo Bernyanyi

Nyanyikanlah lagu berikut !
Iringi dengan musik gelas

Matahari
Lihat-lihat semua dilangit ada apa
Matahari bersinar
Indahnya berkilauan
Mari-mari semua
Saling bergandemg tangan
Buat lingkaran bermain dan bergembira
Sinar mentari tak pilih kasih 
Mari bersahabat bagaikan mentari
Mari-mari semua
Saling bergandeng tangan 
Berbahagia bersama beermain gembira

Kegiatan di Rumah

Nyanyikanlah lagu matahari 

Pembelajaran 5

Ayo Bercerita

Amati gambar berserk di bawah ini
Buatlah cerita berdasarkan gambar-gambar tersebut !
Berceritalah di depan kelas dengan percaya diri

Ayo Mengukur

Amatilah lingkungan sekolah kalian !
Tulislah benda-benda yang ada di sekitar sekolah kalian !
Ukurlah panjangnya dengan menggunakan satuan jengkal !
Urutkan dari yang terpanjang !
Tulis hasil pengukuran kalian ke dalam buku tugasmu !

Ayo Lakukan

Urutkan kalimat di bawah ini sesuai panjang mulai dari yang terkecil

1) 4 jengkal 
2) 1 jengkal
3) 3 jengkal
4) 5 jengkal
5) 2 jengkal

Kegiatan di Rumah

Ceritakanlah kepada orang tua kalian !
Benda yang digunakan untuk beraktivitas pada malam hari.
Mintalah bimbingan orang tua kalian

Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring

Siang Hari
Siang hari langit sangat cerah. Matahari bersinar dengan terik. Langit tampak biru. Hanya sedikit awan yang terlihat. Ratna pulang sekolah bersama teman-temanya. Mereka berjalan kaki bersama-sama. Siang hari yang cerah pemandangan sungguh indah.

Malam Hari
Siang hari telah berlalu. Matahari terbenam di sebelah barat. Hari sudah gelap. Malam mulai tiba. Udara dinginn mulai terasa. Banyak bintang bertaburan di langit. Bulan bersinar menambah keindahan malam.

Ayo Kerjakan

Amatilah gambar-gambar berikut !
Berilah tanda S jika menunjukkan peristiwa siang hari !
Berilah tanda M jika menunjukkan peristiwa malam hari !
Materi Tematik Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam Pembelajaran 6
Mapelsdmi.blogspot.com

Sekarang coba berilah cerita sederhana berdasarkan gambar-gambar tersebut !
__________________________________
__________________________________
__________________________________
Bacalah hasilnya di depan kelas !
Berceritalah dengan percaya diri !
Gunakan intonasi yang tepat !

Ayo Berhitung

Buatlah kelompok yang terdiri dari tiga orang !
Pergilah ke lapangan sekolah kalian !
Ukurlah panjang sisi lapangan dengan alat ukur tidak baku !
Kamu dapat mengukur menggunakan depa, penggaris maupun tali.
Catatlah hasil pengukuranmu dalam tabel di bawah ini

Bagaimana hasil pengukuranmu ?
Dengan menggunakan satuan tidak baku yang berbeda, apakah hasilnya juga berbeda ?
Ukurlah hasil pengukuran mu dari yang terpendek

Ayo Menulis

Kamu.sudah melakukan pengukuran. Hasil pengukuran harus kamu tuliskan dengan jujur dan adil. Perilaku benar merupakan pengalaman sila ke lima pancasila. Coba sebutkan bunyi sila kelima pancasila

Kegiatan di Rumah

Ceritakan perbedaan suasana pada saat siang hari dengan suasana pada saat malam hari.

0 Response to "Materi Tematik Kelas 1 Tema 1 Peristiwa Siang dan Malam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel