Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 4 Membandingkan Sifat Beberapa Benda Padat

Pada kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai berbagai macam bentuk benda padat. Berikut ini beberapa contoh benda padat beserta sifatnya.

1. Batu

Ambil beberapa macam batu yang berada di sekitarmu. Amati bentuk, warna, permukaan, dan kekerasannya! Berbeda-beda, bukan? Ada yang berbentuk bulat, ada yang berbentuk pipih. Ada yang berwarna hitam, merah, abu-abu, bahkan putih atau kuning. Permukaannya pun ada yang halus, ada yang kasar, ada pula yang berpori-pori.

2. Kayu

Kayu berasal dari pohon. Sifat-sifat kayu juga berbeda-beda, tergantung dari asal pohonnya. Misalnya, kayu yang berasal dari pohon jati. Kayu jati umumnya bersifat kuat, lebih berat, dan lebih keras daripada kayu yang berasal dari pohon akasia. Kayu secara umum memiliki sifat, antara lain, kuat, tahan lama, tidak mudah pecah, namun mudah terbakar. Kayu biasanya digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. Coba sebutkan contoh lain dari penggunaan kayu yang kamu ketahui!

3. Besi

Besi termasuk benda padat hasil olahan manusia, namun bahannya berasal dari alam. Bahan dari besi disebut bijih besi. Besi sangat kuat dan tahan lama. Oleh sebab itu, besi biasanya digunakan untuk membuat bahan bangunan, membuat motor, mobil, kereta api, bahkan pesawat terbang. Besi juga digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. Sifat-sifat besi selain kuat dan tahan lama juga keras, relatif berat, dan tidak mudah terbakar. Coba sebutkan contohcontoh penggunaan besi yang lain yang kamu ketahui!

4. Plastisin (Lilin Mainan)

Plastisin atau lilin mainan termasuk benda padat. Coba ambil dan tekanlah dengan jarimu. Apa yang kamu rasakan? Terasa lunak, bukan? Bentuklah plastisin menjadi bulatan, lempengan, kotak atau bentuk-bentuk lain seperti yang kamu inginkan. Bentuk apakah yang kamu dapatkan? Tentunya bentuk yang kamu dapatkan sesuai dengan keinginanmu. Berdasarkan bentuk-bentuk yang telah kamu peroleh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa plastisin atau lilin mainan adalah benda padat yang mempunyai sifat lunak dan mudah dibentuk.

5. Tanah Liat

Tanah liat merupakan bagian dari tanah yang sangat halus. Ukuran butiran-butiran tanah liat sangat kecil sehingga tidak dapat kita lihat tanpa menggunakan alat bantu. Tanah liat umumnya berwarna cokelat kemerahan, basah, lengket, dan mengering jika dibakar.

Seperti halnya plastisin, tanah liat juga mudah dibentuk. Peralatan rumah tangga dan benda-benda hiasan banyak yang terbuat dari tanah liat. Bendabenda yang terbuat dari tanah liat disebut gerabah atau keramik. Pot tumbuhan, vas bunga, genteng, kendi, dan kuali adalah contoh benda yang terbuat dari tanah liat.

0 Response to "Materi Pelajaran IPA Kelas 3 Bab 4 Membandingkan Sifat Beberapa Benda Padat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel