Materi Tematik PJOK Kls 4 Tema 1 Subtema 1 ( Gerak Jalan Cepat, Permainan Tradisional, Istirahat setelah Melakukan Aktivitas Fisik )

A. Gerak Jalan Cepat

Tujuan Pembelajaran “ setelah mempelajari sub tema ini, siswa diharapkan dapat melakukan gerak jalan cepat

Pengertian jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Atau dalam periode satu langkah dimana satu kaki harus berada di tanah, maka kaki itu harus diluruskan ( tidak bongkok pada lutut ) dan kaki menumpu dalam posisi tegak lurus atau vertical.

Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan badan ke depan dengan langkah-langkah kaki. Perbedaan jalan cepat dan lari adalah sebagai berikut

Jalan cepat : pada gerakan jalan cepat selalu ada kaki yang kontak dengan tanah. Artinya setiap salah satu kaki selalu kontak tanah
Lari : dalam gerakan lari, ada saat melayang, pada waktu melangkah. Artinya pada saat tertentu kedua kaki lepas atau tidak menyentuh / menginjak tanah

Jalan cepat adalah gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tanah tetap terpelihara dan tidak terputus. Selama saat setiap langkah, kaki yang bergerak maju pejalan kaki harus berhubungan / menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Teknik jalan cepat ini dapat dibagi ke dalam tiga bagian yaitu, teknik start, teknik jalan cepat, dan teknik melewati garis finis.

Start

Start perlombaan jalan cepat dilakukan dengan start berdiri. Karena start pada jalan cepat ini kurang berpengaruh terhadap hasil perlombaan maka tidak ada teknik khusus yang harus dipelajari atau dilatih. Sikap start pada umumnya adalah sebagai berikut. Pada aba “bersedia” atlet menempatkan kaki kiri di belakang garis start, kaki kanan dibelakang kaki kiri, badan agak condong ke depan, tangan bergantung kendor. Pada bunyi pistol” atau aba-aba “ ya “ segera melangkahkan kaki kanan ke depan dan terus jalan.

Teknik Jalan Cepat

Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan, lutut terlipat, tungkai badan bergantung ke depan, karena ayunan paha ke depan tungkai bawah ikut terayun ke depan, lutut menjadi lurus, kemudian menapak ke tumit terlebih dahulu menyenth tanah bersamaan dengan ayunan kaki tersebut kaki tumpu menolak dengan mengangkat tumit selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah berganti menjadi kaki ayun

Kecondongan badan sedikit ke depan dengan ayunan lengan. Siku dilipat lebih kurang 90 derjat, ayunan lengan arahnya lebih masuk, gerakan lengan seirama dengan langkah kaki

Amati dan rasakan koordinasi gerakan dan ayunan lengan

Temukan pola yang paling sesuai buat dirimu

Finish

Tidak ada teknik khusus untuk finish ini. Umumnya jalan terus hingga melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatan jalannya setelah melewati jarak lima meter. Untuk memperoleh langkah-langkah yang tidak sampai terangkat sehingga melayang, maka pemindahan berat badan dari satu kaki ke kaki lain harus Nampak jelas pada gerak panggul


B. Permainan Tradisional

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari subtema ini, siswa diharapkan dapat
“ memahami permainan gobak sodor dan betengan “
Melakukan permainan gobak sodor dan betengan “

Permainan tradisional Indonesia termasuk ke dalam cirri khas tersendiri dibandingkan Negara lain. Indonesia sendiri memiliki permainan tradisional dari berbagai daerah dengan jumlah yang tidak sedikit. Contoh permainan tradisional yanitu betengan dan gobag sodor.

Betengan

Permainan betengan ini biasa disebut dengan rerebonan di daerah jawa barat. Kalau di daerah jombang, permainan ini dinamakan benteng-bentengan. Tujuan utama dari permainan ini adalah saling menyerang benteng. Benteng dimainkan oleh dua tim. Tiap tim terdiri dar empat sampai dengan delapan orang. Masing-masing tim menentukan bentengnya, dapat berupa pohon, tiang, atau tembok. Mereka berusaha menawan anggota tim lawan agardapat merebut benteng lawan. Permainan dimulai dengan salah satu anggota keluar dari benteng, maka anggota tim lawan akan berusaha menyentuh orang tersebut. Tetapi anggota tim pertama dapat langsung menyerang dengan berusaha menyentuh pemain yang keluar tersebut begitu pula dengan tim lawan. Untuk menghindari disentuh, mereka dapat kembali ke benteng masing-masing.

Gobag sodor

Galah asin, galasin, atau gobag sododr adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan tim yang terdiri dari dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3-5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. Permainan yang gemar dimainkan oleh anak-anak ini bisa juga untuk melatih berbagai kecakapan keterampilan pada diri anak terutama untuk fisik tubuh anak.

Tata cara bermain gobag sodor adalah anggota tim yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini dibagi menjadi dua, yaitu anggota tim yang menjaga garis batas horizontal dan garis batas vertical. Bagi anggota tim yag mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horizontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota tim yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horizontal ( umumnya hanya satu orang ) maka orang ini mempunyai akses untul keseluruhan garis batas vertical yang terletak di tengah lapangan.

C. Istirah setelah Melakukan Aktivitas Fisik

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari subtema ini, siswa diharapkan dapat memahami perlunya istirahat setelah melakukan aktivitas fisik

Untuk tetap menjaga dan memelihara kesehatan tubuh, kita harus cukup istirahat. Ada beberapa macam bentuk istirahat yang brtujuan untuk mengembalikan badan dan pikiranagar sehat. Tahukah kamu cara dan waktu istirahat yang baik.

Setelah seharian kita beraktivitas tentu tubuh perlu istirahat yang cukup. Ibarat mesin kendaraan yang sudah dipakai, tentu harus ada waktu istirahat agar mesin tidak panas dan tetap berfugsi dengan baik. Otot-otot tubuh dan otak kita pun memerlukan istirahat yang cukup agar tetap berfungsi normal. Tidur dan istirahat yang cukup akan tetap menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat. Tidur merupakan istirahat yang paling baik. Ketika tidur otot-otot tubuh beristirahat setelah seharian beraktivitas. Begitu pula pikiran juga beristirahat. Kapankah waktu tidur yang baik ? tidur yang baik dan cukup adalah pada waktu malam hari. Adapun waktu tidur malam hari yakni tidak lebih dari 8 jam. Apabila aktivitas tidur dilakukan pada siang hari maka waktunya terbatas dan hanya scukupnya saja. Yang penting, tubuh kita tetap terjaga kebugarannya. Tidur dan istirahat  yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh. Dengan menjaga daya tahan tubuh maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Jadi, tidur dan istirahat secukupnya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

0 Response to "Materi Tematik PJOK Kls 4 Tema 1 Subtema 1 ( Gerak Jalan Cepat, Permainan Tradisional, Istirahat setelah Melakukan Aktivitas Fisik )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel