Materi Tematik IPS Tema 1 Subtema 2 Menganal Bangunan Bersejarah

Mengenal bangunan bersejarah
Menyebutkan bangunan bersejarah

Sejak dulu kala nenek moyang bangsa Indonesia sangat mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Hal tersebut dapat dilihat dari peninggalan sejarah yang masih ada saat ini. Berikut ini beberapa contoh bangunan peninggalan sejarah

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi Candi Borobudur adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Budha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monument Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur sebagai candi Budha sering digunakan untuk peringatan Waisak yang dipimpin oleh biksuni dan biksu.

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau candi Rorojongrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesiayang dibangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa sansekerta yang bermakna rumah Siwa ), dan memang di garbagriha ( ruang utama ) candi ini bersemahyam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menunjukan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Kompleks candi ini terletak di kecamatan prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta da 120 kilometer selatan Semarang, persis diperbatasan antara propinsi Jawa Tengah da Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak  adalah salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama ( wali ) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang disebut dengan Walisongo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke – 15 Masehi.

Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak , terdapat beberapa makam Sultan Fattah yang merupakan raja pertama kesultanan Demak dan para abdinya. Di kompleks ini juga terdapat Museum Masjid Agung Demak, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak.

0 Response to "Materi Tematik IPS Tema 1 Subtema 2 Menganal Bangunan Bersejarah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel